Loading...

POLISI SIAGA, Hari Ini Buruh Akan 'Duduki' Bundaran Chevron Rumbai dan Kantor Gubernur

Ilustrasi

Pekanbaru, RIAUAIR.COM- Hari ini, massa buruh akan melakukan aksi demonstrasi di Kota Pekanbaru. Titik kumpul massa sudah ditetapkan, yakni di depan bundaran Chevron Pasifik Indonesia di Rumbai dan Kantor Gubernur Riau. 
 
Mengantisipasi aksi massa tersebut, Kepolisian Resor Kota Pekanbaru siaga dengan menurunkan 600 personil untuk mengamankan pelaksanaan "Mayday" atau peringatan hari buruh sedunia 1 Mei yang akan digelar pada Selasa (2/5/2017) hari ini.
 
"Dalam mengamankan pelaksanaan Mayday, Polresta Pekanbaru menurunkan 600 personil guna menjaga titik yang akan dijadikan tempat berkumpulnya para buruh," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polresta Pekanbaru, Ipda Dodi Vivino di Pekanbaru, Senin (1/5/2017).
 
Titik kumpul pada aksi tersebut rencananya akan berada di beberapa tempat. Antara lain di Bundaran PT Chevron Pasific Indonesia Camp Rumbai, Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman, Kantor Asosiasi Pengusaha Indonesia Riau, dan Kantor Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Riau.
 
Aksi buruh yang akan dilaksanakan Selasa (2/5/2017) itu dimulai pukul 07.00 WIB dengan titik kumpul di Bundaran Chevron. Aksi akan diiukuti Serikat Buruh Seluruh Indonesia dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Riau.
 
Tuntutan masa buruh diantaranya menolak PHK sepihak, menolak upah murah, kenaikan upah minimum tahun 2017 sebesar 30 persen, menolak pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN, menolak kenaikan iuran BPJS dan menolak kriminalisasi aktivis buruh.
 
Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengajak serikat dan organisasi buruh setempat bekerjasama dengan pemerintah untuk menyejahterahkan pekerja sebagai apresiasi peringatan Hari Buruh Internasional atau "Mayday" 1 Mei. Disnakertransduk Riau diminta untuk mengakomodir seluruh kepentingan buruh.
 
Namun begitu, katanya mesti tetap berpijak pada regulasi yang di atasnya. Pemerintah akan memperhatikan kesejahteraan kaum buruh di Riau, karena masuk dalam elemen yang ikut andil dalam pembangunan negara.(R-04)
 
Sumber Berita: Senuju



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]