Loading...

WAH GAWAT... Riau Masuk 15 Provinsi dengan Penyebaran HIV-AIDS Terbesar di Indonesia

Ilustrasi

Pekanbaru, RIAUAIR.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Syafril menyebut kalau penyebaran HIV/AIDS di provinsi Riau tak jauh dari 15 besar dari 34 Provinsi di Indonesia dengan tren yang mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir.
 
Dari tahun 1987-1997 penularan melalui hubungan seks sejenis, 1997-2007 penularan melalui alat suntik dan 2007 hingga sekarang, penularan melalui hubungan heteroseksual, dari laki-laki pembeli seks kepada isteri atau pasangan dan dari ibu HIV dan bayi.
 
Hal itu diungkapkan Andra dalam seminar yang ditaja oleh Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Riau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Rabu (21/12/2016).
 
Ditambahkannya, prinsip dasar pengendalian HIV/AIDS harus dilakukan bersama antara pemerintah dan masyarakat sampai ke organisasi keagamaan. "Dalam penularannya, ibu rumah tangga menempati ranking kedua di Provinsi Riau setelah karyawan," ujar Andra.
 
Ia menjelaskan, untuk karyawan terdapat korelasi antara penghasilan dan kenakalan hingga berlanjut ke rumah tangga.
 
"Kami mengajak agar masyarakat untuk ikut memeriksakan diri, jangan takut dalam melaksanakan tes HIV karena semua orang berpeluang untuk terkena HIV," tambahnya. (R-07)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]