Loading...

Polres Kuansing Gelar Pelatihan Kemampuan Tracer Covid-19

RIAUAIR - Polres Kuansing melaksanakan pelatihan  personel kepolisian untuk  kemampuan tracer Covid-19.

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Tracer bagi personel Polres Kuansing dan polsek jajaran di laksanakan di Aula Sanika Satyawada Polres Kuansing, Selasa (27/072021).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto SIK, MM, di dampingi oleh Kabag Sumda Polres Kuansing Kompol Yanuardi SH, MH, dan Kabid Yankes Kab. Kuansing ibu Drg.Arni Suharti  serta diikuti oleh personel Polres Kuansing dan polsek  jajaran yang tergabung dalam Pleton Tracer Polres dan polsek jajaran.

Loading...

Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto S.Ik MM, melalui Kabag Sumda Kompol Yanuardi SH. HM, mengemukakan  pelatihan dilaksanakan oleh bagian Sumber Daya bersama Satuan Binmas Polres Kuansing, dengan Narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing, Sat Binmas dan  personil Bhabinkamtibmas.

''Adapun jumlah personel Polres Kuansing dan Polsek Jajaran yang tergabung dalam Pleton Tracer yaitu sebanyak 70 Orang (diluar Fungsi Bhabinkamtibmas), di antaranya, 23 orang personel Pleton Tracer Polres dan 40 Orang personel Pleton Tracer polsek jajaran serta 7 orang dari Senkom Teluk Kuantan, terang Yanuardi

Adapun tujuan diberikan pelatihan adalah,

1. Menjelaskan tentang Pelatihan Aplikasi SILACAK (Sistem Informasi Pelacakan) bagi tracer COVID-19 diharapkan dapat mendukung kegiatan Testing, Tracing dan Treatment (3T) di Kabupaten Kuansing.

2. Menjelaskan terkait Tracing atau pelacakan yg merupakan bagian dari upaya 3T, melengkapi Testing dan Treatment, yang dilakukan pemerintah sebagai bagian penanganan COVID-19.

Dalam hal ini yang menjadi sasaran langsung sebagai tracer yaitu Babinsa dan Babinkantibmas, dan petugas surveilans Puskesmas sebagai petugas pengolah data. 

Dengan adanya tracer memudahkan petugas Puskesmas dalam memantau orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi.

3.Dalam melakukan pelacakan, penting untuk mengidentifikasi waktu dan tempat dari orang-orang yang berkontak dengan penderita COVID-19, lalu menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virus, dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit Covid-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.(R12)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]