Loading...

RAPP Teken MoU Desa Bebas Api dengan Dua Desa di Siak

RIAUAIR - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP)- APRIL Group melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan dua desa di Kabupaten Siak terkait pelaksanaan program Desa Bebas Api tahun 2021.

Adapun dua desa yang akan menjadi mitra kelola program Desa Bebas Api ini adalah Kampung Teluk Lanus dan Kampung Dayun.

Penandatanganan kesepahaman ini disaksikan langsung olh Bupati Siak, Alfedri, Kapolres AKBP Gunnar Rahardianto SIK, Komandan Kodim, Kepala DLHK Siak, Kepala KPH Tasik Serkap dan pihak terkait.

Loading...

Direktur PT RAPP Mulia Nauli, dalam penjelasannya mengungkapkan, penandatanganan MoU ini adalah  bagian  holestik dari beberapa program yng dilakukan PT RAPP dalam upaya konservasi dan penyelamatan lingkungan dari kebakaran hutan dan lahan. 

Dengan memberikan reward kepada desa yang berhasil mengelola aktivitas bebas api atau pengelolaan desa tanpa bakar, RAPP berharap bisa ikut berperan dalam menginisasi, mengedukasi dan melakukan pencegahan Karhutla secara dini di tengah masyarakat.

''Free fire village itu yang selama ini penekanan kita dengan program ini,'' ungkap Mulia Nauli.

Dia juga memaparkan bahwa pada tahun 2013 lalu, tak kurang 4.079 hektare lahan terbakar dan pada tahun 2020 lalu berhasil turun menjadi 22 hektare.  

Dijelaskan dia, keberhasilan tersebut  tentunya bukan saja berkontribusi untuk mencegah terjadinya asap. namun juga menekan angka emisi udara. 

''Bayangkan kalau kita menjaga 1.000 hektare saja (tidak terbakar,red), berapa banyak emisi yang berkontribusi pada kerusakan lingkungan yang tidak terjadi,'' gugah Mulia tentang program ini. 

Mulia juga menjelaskan, periode Juli- oktober ini adalah periode rawan kebakaran. 

Dan dia menegaskan Grup April senantiasa siap siaga.

Dia juga menjelaskan, dengan MoU ini, reward yang diberikan  hanyalah stimulan. ''Ke depan, kita harapkan, jangankan membakar, terbakar saja kita tidak mau.'' 

Kami mengharapkan desa-desa yang tahun ini ikut program dapat sukses dengan tanpa kebakaran hutan dan lahan,  dan ini tentunya tak lepas dari effort semua pihak.(R02)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]