Loading...

Manfaat Sehat Semangka, Pas untuk Berbuka

detik.com

RIAUAIR- Banyak buah-buahan yang sangat baik untuk kamu konsumsi di bulan Ramadhan. Sama seperti buah lainnya, semangka juga memiliki segudang manfaat juga lho.

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan kaya akan nutrisi yang cocok disantap saat buka puasa. Ditambah pula kalori dalam semangka cukup rendah, jadi semangka cocok banget nih buat kamu yang sedang melakukan diet sambil puasa.

Dikutip dari laman Healthline, berikut beberapa manfaat sehat buah semangka yang bisa kamu jadikan menu pada saat berbuka puasa.

Loading...

1. Kaya nutrisi
Buah semangka adalah salah satu buah dengan kalori terendah, disebutkan sekitar 46 kalori per 154 gram. Bahkan, buah semangka ini lebih rendah lho dari buah-buahan rendah gula seperti beri-berian.

Dalam 154 gram semangka juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, potassium, magnesium serta vitamin B5, B1, dan B6.

Kandungan karotenoid di dalam semangka juga tinggi, termasuk beta-karoten dan likopen. Ditambah lagi, ada sitrulin dan asam amino yang cukup penting untuk tubuh.

2. Bantu tubuh tetap terhidrasi
Semangka mempunyai kandungan air sebanyak 92 persen dan bisa membantu kamu merasa lebih cepat kenyang karena kandungan serat dan mencegahmu makan 'balas dendam' saat berbuka.

3. Baik untuk kulit dan rambut
Kamu nggak mau kan terlihat kusut saat bulan puasa? Mungkin ini saatnya kamu memperbanyak konsumsi semangka karena dua vitamin yang terkandung di dalam semangka, yakni vitamin A dan C penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, protein yang membantu kekenyalan kulit dan menguatkan rambut kamu.

Selain itu, vitamin A juga dapat memproduksi dan memperbaiki sel-sel kulit, sehingga tidak ada lagi kulit kering dan bersisik.

4. Jaga kesehatan jantung
Selain baik untuk kulit dan rambut, beberapa nutrisi di dalam semangka memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan jantung.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta mencegah kerusakan oksidatif terhadap kolesterol.

5. Membantu pencernaan
Pencernaan kita bisa lancar jika kandungan air yang sangat tinggi dan serat di dalam tubuh tercukupi.

Serat disebut dapat membantu memperlancar buang air besar, sementara air membantu saluran pencernaan bergerak secara efisien.

Memakan semangka atau buah-buahan dan sayuran kaya air dan serat akan membantu untuk mendorong gerakan pencernaan normal. (R03)
Sumber Berita : detik.com



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]