Loading...

Upaya Atasi Banjir, PUPR Dorong Masyarakat Miliki Sumur Resapan di Setiap Rumah

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

RIAUAIR - Upaya mengatasi permasalahan banjir di sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru, terus dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru. 
 
Saat ini Dinas PUPR Kota Pekanbaru dalam mengatasi permasalahan banjir mengacu pada masterplan pengendalian banjir. 
 
Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut, untuk mengatasi permasalahan atau titik banjir lingkungan salah satu caranya dapat dengan membuat kolam retensi, sumur resapan, waduk, dan penghijauan. 
 
Indra juga mendorong masyarakat agar dapat memiliki sumur resapan dirumah masing-masing. "Harapan kita kedepan, kalau ada waktu kita akan sosialisasikan setiap rumah itu minimal ada tong air atau sumur resapan," ujarnya, Sabtu (6/3). 
 
Menurutnya, dengan adanya sumur resapan atau tong air pada setiap rumah masyarakat dapat menyimpan air hujan. Air hujan yang turun tidak serta merta tergenang dan dapat di serap ke dalam sumur maupun tergenang dalam tong air. 
 
Namun, pihaknya tetap melakukan upaya normalisasi drainase untuk melancarkan jalan air menuju anak sungai. Normalisasi dapat dilakukan dengan menghidupkan kembali drainase yang sudah mati, atau memperbesar volume drainase. 
 
"Selain itu gorong-gorong yang terlalu sempit akan diganti dengan yang lebih besar untuk melancarkan laju air sehingga tidak terjadi genangan," ungkapnya. (Kominfo/R02)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]