Loading...

Peningkatan Kualitas SDM Harus Diberi Prioritas Tinggi

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution

RIAUAIR- Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan hal penting yang harus diberi prioritas yang tinggi. 

Di era modern saat ini pendidikan telah menjadi sebuah tuntutan masyarakat agar dapat beradaptasi dan berkontribusi dalam menghadapi tantangan zaman kedepannya. Tantangan-tantangan tersebut akan mudah diatasi, sebutnya apabila memiliki SDM yang berkualitas dan profesional. 

"Kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena Provinsi Riau diberi anugerah sumber daya alam (SDA) yang melimpah (di bawah minyak di atas minyak) dan juga letak geografis yang strategis," katanya saat membuka acara Webinar Bedah Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Visit Riau Tahun 2021 di Kediaman Wagubri, Minggu (24/1/2021). 

Loading...

Akan tetapi, ia melihat ada negeri-negeri yang sekarang mencapai kemakmuran yang tinggi, karena SDM-nya berkualitas tinggi meskipun mereka miskin SDA. Sebaliknya, tidak sedikit pula negeri yang tetap tertinggal di belakang, di tengah-tengah kekayaan SDA-nya karena kualitas SDM nya masih rendah. 

Merujuk pada Survei Angkatan Kerja Nasional oleh BPS tahun 2019, jumlah angkatan kerja Provinsi Riau sebesar 3.18 juta jiwa, dimana hanya 14 persen atau 448 ribu jiwa yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. 

Menyadari kondisi tersebut, maka Pemprov Riau menetapkan misi pertama Riau tahun 2019-2024 yaitu Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Beriman, Berkualitas dan Berdaya Saing Global melalui Pembangunan Manusia Seutuhnya. 

"Misi ini diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, melalui peningkatan derajat pendidikan masyarakat," tuturnya. (MCR/R02)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]