Loading...

4 Hal Tentang Jokowi Divaksinasi Corona Pertama Hari Ini

Presiden Joko Widodo

RIAUAIR- Proses vaksinasi virus Corona (COVID-19) di Indonesia dimulai hari ini. Vaksinasi Corona akan diberikan pertama kali untuk orang nomor satu di Indonesia. Ya, Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Rencananya, Jokowi akan divaksinasi pada pagi hari. Namun, belum diketahui secara pasti di mana Jokowi akan disuntik vaksin Corona. Apakah di Istana Kepresidenan Jakarta atau di Istana Bogor? Belum ada informasi valid.
Namun demikian, prosesnya sudah dimulai sejak kemarin. Pihak Sekretariat Presiden (Setpres) dari Istana berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk pengaturan vaksinasi COVID-19.
"Kami (Sekretariat Presiden) sedang mempersiapkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pengaturan tata cara vaksinasi," ujar Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Setpres, Bey Machmudin, lewat pesan singkat, Selasa (12/1/2021).
Meskipun proses vaksinasi dimulai hari ini, Jokowi tetap mewanti-wanti kepada masyarakat akan protokol kesehatan. Pesan Jokowi disampaikan oleh Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo.
"Namun, dalam berbagai kesempatan Presiden selalu ingatkan para menteri, khususnya Kasatgas COVID-19, adanya vaksin ini jangan sampai membuat kita kendor. Vaksin ini harus diimbangi kepatuhan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dilarang berkerumun, dan mencuci tangan," kata Doni, dalam konferensi pers yang digelar Senin (12/1).

Vaksinasi Corona harus tetap diselaraskan dengan disiplin penerapan protokol kesehatan. Seperti kondisi saat, di mana kasus aktif Corona di Tanah Air justru sedang meningkat.

"Tak cukup hanya diri sendiri, tapi harus dikembangkan ke seluruh masyarakat sekitar kita," ujar Doni.
Vaksinasi Corona di RI dilakukan dengan beberapa tahap. Vaksinasi Corona tahap pertama diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan (nakes). Meskipun belakangan berhembus usulan agar tokoh agama dan influencer pantas juga menjadi prioritas.

Loading...


Orang Pertama yang Divaksinasi

Presiden Jokowi merupakan orang Indonesia pertama yang akan disuntik vaksin Corona. Lokasi vaksinasi Corona Jokowi akan dikabarkan.
"Rencana besok pagi penyuntikan vaksin perdana untuk Presiden," ucap Bey Machmudin.

Gunakan Vaksin Sinovac

Dalam kesempatan sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menuturkan bahwa Presiden Jokowi akan disuntik vaksin COVID-19 Sinovac. Vaksin ini sudah dikirim ke daerah-daerah untuk proses vaksinasi secara serempak hari ini.

Diketahui, vaksin Corona Sinovac sudah mendapatkan emergency use authorization (EUA) atau persetujuan penggunaan dalam kondisi kedaruratan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah melabelkan vaksin Corona Sinovac ini halal dan suci.

"Iya Sinovac," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dimintai konfirmasi soal vaksin yang akan disuntikkan ke tubuh Jokowi, kemarin.


Disiarkan Secara Live

Proses vaksinasi Corona terhadap Jokowi akan disiarkan secara langsung. Jadi, masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air bisa menyaksikan detik demi detik proses vaksinasi COVID-19 terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Besok saat penyuntikan perdana tersebut juga akan disiarkan secara live streaming. Jadi prosesnya seperti apa, bisa dilihat langsung besok," kata Bey Machmudin.


Ingin Pastikan Vaksin Aman

Presiden Jokowi pun sebelumnya telah memastikan bahwa dia akan menjadi orang Indonesia pertama yang akan disuntik vaksin Corona. Bukan tanpa alasan Jokowi melakukan itu.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan bersedia disuntik vaksin Corona pertama untuk menunjukkan bahwa vaksin yang digunakan aman. Sebab, vaksin itu telah melalui uji klinis tidak hanya sekali.

"Jadi kembali lagi, keadaan ini akan normal kalau pandemi ini kita bisa ditangani dengan baik, salah satunya vaksinasi yang insyaallah nanti minggu depan ini dimulai," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Rabu (6/1).

"Suntik vaksin, nanti yang pertama kali disuntik saya, saya ingin menunjukkan bahwa vaksinnya aman karena sudah melalui uji klinis tidak hanya sekali dua kali sudah diuji," sambungnya. (R04)
Sumber : detik.com



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]