Loading...

Canangkan Bulan Bakti LPM 2020, Wali Kota: Pemerintah Saja Tak Akan Sanggup Memajukan Kota Ini

RIAUAIR- Wali Kota Pekanbaru DR Firdaus MT membuka momen Bulan Bakti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Lapangan Pancasila, Kecamatan Sail, Pekanbaru, Senin (21/12/2020) pagi tadi.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyebutkan kalau saat ini, dinamika membangun sebuah daerah tidak lagi bisa hanya mengandalkan kesiapan pemerintah. 

Sumber daya pemerintah saja tidak akan cukup untuk membangun begitu luasnya Kota Pekanbaru ini.  Begitu pun dengan sumberdaya keuangan, jelas kemampuan pemerintah sangat terbatas saat ini. 

Loading...

''Tidak akan bisa, kita butuh partisipasi dan dukungan dari semua elemen, dari pelaku usaha, dari masyarakat, tokoh masyarakat, forum RTRW, juga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) ini,'' ungkap Wali Kota dalam acara yang juga dihadiri Komandan Korem 031/Wirabima, Brigjen TNI. M.Syech Ismed juga Ketua DPW LPM Riau T. Rusli Ahmad, Forkopimda Pekanbaru,  Sekretaris Daerah Pekanbaru Muhammad Jamil, jajaran pimpinan  OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Begitu besarnya peranan dari masyarakat dalam mendukung terlaksananya pembangunan di daerah, sebut Wali Kota, sehingga dia juga memberikan porsi yang cukup besar untuk kelompok di masyarakat untuk berbuat. ''Kami berikan porsi yang luas untuk berbuat,'' kata Wali Kota. 

Dia mengibaratkan sebuah sapu lidi, kalau hanya terdiri dari sebatang lidi saja, tidak akan bisa mengangkat  selembar daun. Tapi kalau dia diikat dalam bingkai kebersamaan, maka sapu lidi itu bukan cuma bisa mengangkat daun, namun juga bisa menyingkirkan batu. 

Dalam kesempatan itu, Firdaus mengungkapkan juga beberapa prestasi yang diperoleh pemerintah kota Pekanbaru selama masa pandemi, salah satunya adalah ditunjuk sebagai kota paling inovatif di Indonesia. 

Semua itu, disebutkan dia, tidak mungkin hanya menjadi kerja pemerintah. Kerja inovatif itu tetap butuh peran serta masyarakat. 

Karena itulah, sesuai dengan namanya sebagai lembaga pemberdayaan, Firdaus berharap kader LPM yang jumlahnya cukup besar, dan menjangkau hingga ke kelurahan-kelurahan harus mampu mengambil peranan dalam membangun kota Pekanbaru. 

Dia membuka peluang kader LPM untuk berkreativitas di tengah masyarakat. ''Hanya dengan melibatkan masyarakat kita bisa maju dan terus tumbuh,'' ungkap Wali Kota. 

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberdayaan, Erna Juita, dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Bulan Bakti LPM tahun 2020 ini. 

Disebutkan dia, di tengah pandemi Covid-19, LPM terus bergerak dan berbuat. Hal tersebut, disebutkan dia merupakan keunggulan LPM. 

Kemarin LPM bersama Forum RTRW secara serentak melaksanakan kegiatan gotong royong massal se kota Pekanbaru. ''Kami melihat hal yang luar biasa dari motivasi masyarakat ikut tetap berbuat di tengah masa pandemi Covid-19 ini,'' ungkap Erna.

Dia berharap dengan bulan bakti tahun ini, akan mampu memberikan banyak peran lagi bagi LPM di tengah masyarakat. 

Sementara itu, Ketua DPD LPM Pekanbaru, Sarjoko masih dalam kesempatan yang sama mengungkapkan LPM terdiri dari kumpulan masyarakat, tokoh, perangkat  pemerintah, sawasta dari berbagai latar belakang aktivitas. 

Masyarakat ini berhimpun karena dukungan dan porsi yang diberikan pemerintah untuk berbuat. ''Kami berterima kasih, karena, hingga Bulan Bakti tahun 2020 ini, LPM tetap mendapatkan tempat dan dukungan dari pemerintah Kota untuk bergerak dalam banyak kegiatan kemasyarakatan. Kami berterima kasih kepada Bapak Wali Kota,'' ungkap Sarjoko.

Dia pun mengajak seluruh kader LPM untuk terus menjaga kebersamaan, kekompakan sehingga bisa berkontribusi lagi lebih luas  untuk memajukan Kota Pekanbaru. 

Bersamaan dengan pelaksanaan Bulan Bakti LPM tahun 2020 ini, dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya kegiatan gotong royong massal se Kota Pekanbaru, yang dilaksanakan di setiap RT dan RW juga pelaksanaan pembagian masker di sejumlah ruas jalan.(R02)

Sumber : riausky.com



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]