Loading...

Dilepas Virtual oleh Presiden, RAPP dan APR Ekspor Produk Kertas dan Rayon Senilai Rp347,16 Miliar

RIAUAIR- Menandai kebangkitan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19, Presiden  Joko Widodo, Jumat (4/12/2020)  melakukan pelepasan ekspor sejumlah produk Indonesia ke pasar global.

Pelepasan dilakukan secara serentak di 16 provinsi di Tanah Air, termasuk salah satunya di Kota Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau. 

Dalam acara bertajuk 'Pelepasan Ekspor ke Pasar Global' yang dilaksanakan secara virtual yang dilakukan secara serentak di 16 daerah yang difasilitasi Kementerian Perdagangan RI itu, pemerintah berharap ekonomi Indonesia bisa tetap bertumbuh lewat aktivitas ekspor komoditas unggulan yang ada.  

Loading...

Adapun nilai total nilai ekspor kegiatanpada bulan Desember 2020 ini diperkirakan  sebesar 1,64 miliar dollar AS atau setara Rp23,75 triliun.

Adapun PT RAPP dan PT Asia Pacific Rayon (APR) mengekspor produk kertas dan rayon dengan nilai sebesar 24,48 juta dollar AS atau 347,16 miliar rupiah untuk tujuan Tiongkok, Turki, Pakistan dan Bangladesh.

Wakil Gubernur Riau (Wagubr) Edy Natar Nasution turut merasa bangga, Provinsi Riau termasuk satu dari sejumlah  provinsi di Indonesia yang ikut dalam acara pelepasan ekspor ke Pasar Global. 

Hal itu disampaikanya ketika hadir pada acara pelepasan ekspor ke Pasar Global oleh Presiden RI secara virtual di lingkungan PT RAPP Kabupaten Pelalawan, Jumat (4/12/2020). 

Dalam pelepasan tersebut, di Pulau Sumatera ada empat provinsi yang terpilih untuk ekspor ke Pasar Global yakni Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Lampung, dan Provinsi Riau. 

"Kita harapkan tentu hal seperti ini akan berlanjut hingga kedepannya. Kita juga berterimakasih kepada PT RAPP yang telah masuk dalam bagian ekspor ke pasar global," ujarnya. 

Wagubri juga meminta supaya pihak PT RAPP  bisa terus berupaya meningkatkan kinerjanya dan ia juga mengimbau agar seluruh masyarakat Riau terutama yang berada di kawasan PT RAPP yakni Pelalawan untuk bisa memberikan dukungan, sebab menurutnya, apa yang dilakukan PT RAPP juga demi kesejahteraan seluruh masyarakat Riau.

Sementara itu, Mill Operations Support Director RAPP, Mhd Ali Shabri menyebutkan, ada 3 produk dari PT Riau Andalan Pulp and Paper(RAPP) yang berhasil ekspor ke Pasar Global, yakni pulp, kertas dan rayon. 

Dalam kesempatan itu Ali mengucapkan terimakasih telah dipercaya oleh pemerintah terutama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, dimana PT RAPP terpilih dari sekian banyak perusahaan di Indonesia untuk ekspor ke pasar global. 

"Kami berharap agar Pemprov Riau tetap memberikan dukungan kepada PT RAPP untuk  tetap eksis di dalam berusaha dan memberikan yang terbaik bagi bumi melayu Provinsi Riau," harapnya.

Ikut hadir pada kesempatan pelepasan ekspor  itu, Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana.(R06/RSC)

 

 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]