Loading...

Proses Pengadaan Laboratorium Biomolekuler Capai 70 Persen

RIAUAIR- Pengadaan laboratorium biomolekuler oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru hingga saat ini masih dalam proses. Pengadaan laboratorium tersebut untuk mempercepat penanganan Covid-19, khususnya dalam pemeriksaan sampel swab guna mengetahui seseorang positif corona. 

Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Pj Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil mengungkapkan, proses pengadaan tengah berlangsung. Saat ini dinas teknis dalam hal ini Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dalam proses penyiapan ruangan laboratorium. 

"Masih dalam proses, sudah 70 persen prosesnya. Saat ini dalam persiapan ruangan lab," ujar Jamil, Selasa (13/10/2020). 

Loading...

Menurutnya, Diskes Pekanbaru saat ini tengah mempersiapkan ruangan laboratorium di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru, di Jalan Garuda Sakti Km 2, Kecamatan Tampan. Ada perluasan ruangan untuk menampung peralatan laboratorium biomolekuler itu. 

Selain itu proses pengadaan alat -alat laboratorium juga tengah berlangsung. Ia terus menggesa OPD terkait dalam pengadaan laboratorium biomolekuler tersebut. Ia menargetkan laboratorium tersebut sudah dapat beroperasi pada pekan depan. 

"Kita harapkan minggu depan sudah selesai, dan dapat digunakan laboratorium tersebut," terangnya. 

Laboratorium itu nantinya memiliki kapasitas dalam pemeriksaan sampel swab hingga 1.000 sampel dalam sehari. Namun, laboratorium tersebut hanya melayani pemeriksaan sampel swab yang berasal dari Kota Pekanbaru saja. (R02/Kominfo)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]