Loading...

Digelar Virtual, Pemprov Riau Ikuti Launching MTQ Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 di Sumatera Bar

RIAUAIR- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengikuti acara Launching MTQ Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 di Sumatera Barat secara Virtual di Ruang Riau Command Center (RCC) Menara Lancang Kuning Kantor Gubernur Riau, Selasa (28/7/2020).

Launching MTQ Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 diikuti oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie didampingi Kepala Biro Umum Zulkifli Syukur. Dalam Launching MTQ Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 di Sumatera Barat diikuti oleh Seluruh Gubernur se-indonesia yang langsung di launching oleh Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi.

Menteri Agama dalam sambutannya mengatakan, sangat bersyukur dan gembira karena MTQ dapat dilaksanakan di Sumbar. Launching menurutnya menjadi penanda publikasi kepada kalayak masyarakat dan tuan rumah siap segera menyonsong pelaksanaan MTQ tingkat nasional.

Loading...

“Saya mengapresiasi Gubernur Sumbar beserta jajaran dan segenap masyarakat Sumbar yang secara antusias mempersiapan Kota Padang dan Sumbar sebagai tempat helat akbar,” katanya.

Ia mengingatkan MTQ  tidak hanya ajang kontestasi semata tetapi lebih dari itu. MTQ  harus dimaknai sebagai upaya menstimulasi umat lebih mencintai dan mendalami aturan dan ajaran yang terkandung di dalamnya.

“Indeks literasi umat Islam, dinyatakan masih sangat rendah. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengatasinya,” katanya.

Meski berlangsung di tengah suasana covid-19, yang menjadi keprihatinan  bersama, namun tidak boleh menjadi alasan untuk tidak produktif melaksanakan agenda nasional.

“MTQ juga salah satu siar islam, yang harus dibina dan dikembangkan serta  dilestarikan,” ujarnya.

Dalam kaitan perispaan MTQ, ada beberapa hal yang menjadi perhatian, pertama, dalam kondisi yang tidak biasa, seluruh sektor yang terlibat harus berkomitmen penuh menerapakan protokol kesehatan di semua lini. 

“Aspek regulasi, pembinaan, dan kedisiplinan menjadi prioritas utama. Segala perisapan fisik dan non fisik, harus dipastikan menyesuikan dengan kondusi dan aturan yang ada,” ujarnya. 

Kemudian, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengatakan, peluncuran ini sebagai bentuk kesiapan Sumbar menjadi tuan rumah perhelatan MTQ Nasional, yang akan digelar pada 12-21 November 2020. (R02/MCRiau)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]