Loading...

Jika Pemko Terapkan PSBB, Wako Firdaus: Bandara, Terminal dan Pelabuhan Tetap Beroperasi

RIAUAIR- Usulan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah disetujui Menteri Kesehatan RI untuk diterapkan di Kota Pekanbaru.

Kendati diberlakukan PSBB di Pekanbaru, namun Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT, menjamin untuk pelayanan infrastruktur dasar di Pekanbaru tidak akan ditutup. Seperti halnya bandara, pelabuhan, dan terminal. 

"Untuk pelabuhan dan bandara tidak ditutup, tapi dibatasi. Untuk transportasi darat, laut, dan udara pengaturannya lebih diperketat," ujar Wako, Senin (13/4/2020). 

Loading...

Orang nomor satu di Kota Pekanbaru itu menegaskan, pengawasan di pintu masuk ke Pekanbaru dari darat, laut, dan udara akan lebih diperketat dari hari biasanya. Hal ini untuk meminimalisir eskalasi penyebaran Covid-19.

Wako menyebutkan, kebutuhan logistik Pekanbaru juga bergantung dari daerah lain. Karena itu, pintu masuk ke Pekanbaru terutama yang membawa kebutuhan logistik tidak akan dibatasi.

"Kita utamakan logistik. Untuk sektor industri tetap jalan, sektor ekonomi juga. Namun diperketat," jelasnya. 

Wako juga menyebut sektor ekonomi di Kota Pekanbaru akan tetap berjalan walaupun pergerakan aktifitas mayarakat akan dibatasi. 
Selain itu bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) tetap boleh beroperasi. "TMP, tetap beroperasi, sesuaikan dengan kondisi lapangan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19," jelasnya. 

Saat ini, kata Walikota, pihaknya sedang menyiapkan peraturan walikota (Perwako). Perwako ini nantinya akan mengatur aktivitas warga Kota Pekanbaru selama 1 x 24 jam berturut-turut selama PSBB diberlakukan. 

"Kita sedang persiapkan perwakonya, untuk pengaturan jam kegiatan warga selama 1x24 jam," kata Walikota. 

Pemko Pekanbaru juga masih menunggu pimpinan daerah yang tergabung dalam Pekansikawan, seperti Kampar, Siak dan Pelalawan.

"Kita tunggu teman-teman Pekansikawan yang kita ajak sama-sama, supaya lebih efektif," jelasnya. (R03/Kominfo)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]