Loading...

Disdik Riau Siapkan PPDB SMA dan SMK Secara Online

RIAUAIR - Dinas Pendidikan Provinsi Riau sedang menyiapkan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK tahun 2020/2021 secara online mulai aplikasinya pendaftaran maupun penyerahan berkas.

Ini sesuai dengan anjuran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan secara online.

"Di tengah mewabah virus Covid 19, saat ini kita sedang menggodok Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK secara online baik negeri dan swasta. PPDB SMA/ SMK sedikit berbeda dengan tahun lalu," kata Kepala Bidang Pendataan dan Pengembangan Pendidikan Disdik Ruau, Muhammad Guntur.MPd, Selasa (7/4/2020) di Pekanbaru.

Loading...

Dijelaskan Guntur, setakat ini pembahasan PPDB masih berada di Biro Hukum. Secara garis besar, gambaran PPDB ditengah penyebaran Covid 19 dilakukan full secara online. Ini artinya, verifikasi berkas juga dilakukan secara online, tidak hanya mendaftar saja, tapi juga verifikasi berkas.

"Kalau tahun lalu, pendaftaran juga secara online, tapi penyerahan berkas siswa datang sekolah. Sekarang ini, kita siapkan pendaftaran secara online maupun verifikasi berkas juga secara online. Sekolah tidak lagi menyediakan ruangan PPDB seperti tahun lalu. Semuanya online," kata Guntur yang pernah menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar ini.

Guntur menambahkan, dalam SE Kemendikbud juga sudah dijelaskan bahwa Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah. Upaya pencegahan agar orangtua siswa secara fisik tidak berkumpul, inilah sedang dibahas dan digodok.

"Kita siapkan dulu mekanisme PPDB yang aman di saat mewabahnya virus Corona ini. Tunggu sajalah dulu ya. Masih sedang digodok," katanya.

Sementara Ketua MKKS SMK Swasta Kota Pekanbaru Jefri mengatakan PPDB tahun ini ditengah wabah Covid 19 sangat menyulitkan bagi SMK Swasta mendapatkan siswa.

Jika tahun sebelumnya, April ini sudah banyak promosi yang dilakukan sekolah seperti mengadakan berbagai turnamen dan kegiatan lainnya. Namun, karena virus Corona ini tidak diboleh mengadakan pertemuan dalam jumlah banyak apalagi melaksanakan kegiatan.

"Tahun ini, saya yakin sulit bagi SMK Swasta untuk mendapatkan siswa. Sekolah hanya mengharapkan promosi secara online, itupun tidak maksimal, " kata Jefri, Selasa (7/4/2020) di Kantor Disdik Riau.

Jefri berharap PPDB tahun ini jangan ada penambahan rombongan belajar (Rombel) bagi sekolah negeri dan penambahan jurusan. Jika ada penambahan rombel dan jurusan bagi sekolah negeri, dirinya yakin SMK Swasta tidak akan mendapat siswa.

"SMK Swasta hanya mengharapkan pelimpahan dari sekolah negeri setelah pengumuman kelulusan PPDB," kata Jefri. (R03)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]