Loading...

Ditarget Maret Beroperasi, Wali Kota Tinjau Finishing Sukaramai Trade Center

Wali Kota Pekanbaru DR Firdaus ST, MT didampingi Kadis PUPR Indra Pomi dan beberapa pejabat terkait peninjau finalisasi pembangunan STC.

PEKANBARU (RIAUAIR.COM)–  Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT meninjau pembangunan Sukaramai Trade Centre (STC), Selasa (26/11/2019) siang. 
 
Kedatangan Wali Kota didampingi sejumlah jajaran Pemko Pekanbaru dilakukan dalam rangka Percepatan Pembangunan pusat perbelanjaan eks Pasar Sukaramai itu.
 
Dalam kunjungannya, Wali Kota Firdaus meninjau sejumlah bagian proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh PT Makmur Papan Permata (MPP) baik yang telah selesai maupun yang belum selesai dikerjakan hingga saat ini. 
 
Wali Kota Pekanbaru mempunyai harapan besar agar pusat perbelanjaan yang nantinya akan dinamai Sukaramai Trade Center (STC) ini bisa segera tuntas dikerjakan dan segera bisa beroperasi dan menampung aktivitas para pedagang yang selama beberapa tahun terakhir masih berada di tempat penampungan sementara (TPS) baik di Jalan Sudirman, maupun Jalan Agussalim Pekanbaru. 
 
Firdaus mengingatkan tim percepatan pembangunan STC dan PT. MPP untuk menggesa pengerjaan STC. Ia memberi waktu hingga akhir tahun 2019 untuk menuntaskan pembangunan di areal eks Plaza Sukaramai ini.
 
"Jadi manfaatkan waktu satu setengah bulan ini. Tim percepatan dan PT MPP harus bisa memanfaatkan waktu yang pendek ini," ujar Wali Kota usai  melakukan kunjungan lapangan.
 
STC nantinya bakal jadi pusat grosir. Kawasan ini jadi pusat perdagangan di Kota Pekanbaru yang terletak tepat di jantung kota Pekanbaru dan sentra ekonomi Jalan Sudirman Pekanbaru.
 
"Kita lihat tinggal finishing cat dan juga kelistrikan di areal STC harus segera disiapkan," jelasnya.
 
Pembangunan Plaza Sukaramai ini cukup memakan waktu yang lama sejak terbakar pada 8 Desember 2015 silam. Pasalnya, Plaza Sukaramai tersebut dibangun atas dasar kerja sama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dengan pihak ketiga dalam hal ini Supermarket Ramayana.
 
 
Sementara itu, PT Makmur Papan Permata (MPP) Pekanbaru selaku pengelola STC menyebutkan,  progres bangunan sudah hampir final . Ini kondisi bangunan terkini secara menyeluruh," terang Pimpinan Cabang PT MPP Pekanbaru, Suryanto beberapa waktu lalu.
 
MPP sendiri mempunyai target  STC sudah bisa mulai berfungsi untuk tahap awal pada Desember 2019  ini. 
 
Dengan begitu, TPS yang ada saat ini juga sudah bisa dibongkar jelang beroperasinya STC.
 
Suryanto menyebutkan, saat ini pihaknya sedang menggesa pengerjaan STC I. Nantinya, STC I ini akan memiliki sekitar 1.700 gerai.
 
Para pedagang yang merupakan pedagang eks Plaza Sukaramai, nantinya bisa memanfaatkan bangunan ini. 
 
Bangunan STC sendiri rencananya akan dilengkapi beberapa sarana baru, selain pusat grosir dan perbelanjaan, juga akan dilengkapi biskop.
 
Sementara itu, Kadis Perindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhud menyebut bahwa STC rampung secara menyeluruh pada Maret tahun 2020. 
 
Pihaknya mendorong agar pedagang bisa menempati kios pada Januari 2020 mendatang.
 
Proses pembongkaran TPS berlangsung secara bertahap mulai 18 November 2019.
 
"Kita targetkan pada Maret 2020 rampung secara nenyeluruh. Sedangkan Januari 2020 pedagang bisa menempati kios, tapi dengan catatan seluruh kios tuntas," terangnya. (R06)
 
 
 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]