Loading...

Mengenali Bahaya Campak dan Rubella, Ini yang Perlu Dipahami

TEMBILAHAN (RIAUAIR.COM)- Campak dan Rubella adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, sangat menular dan menyerang saluran pernapasan seseorang. Virus ini seringkali menyerang anak-anak (0-15 th). Jumlah kasus pada dewasa cenderung kecil. Anak atau orang dewasa yang tidak pernah diimunisasi Campak atau belum pernah sakit campak/rubella memiliki risiko tinggi untuk tertular.

Bahaya penyakit Campak yaitu terletak pada komplikasinya. Anak yang sakit campak dapat dipastikan kekebalannya menurun sangat drastis. Sehingga sangat mudah kemasukan kuman/virus lain. komplikasi yang bisa terjadi antara lain mengalami diare, pneumonia (radang paru), radang otak, kebutaan, gizi kurang, dan bahkan apabila parah bisa terjadi kematian.

Penyakit Rubella adalah penyakit yang gejalanya hampir menyerupai campak. Rubella cenderung lebih ringan efeknya bila mengenai anak-anak. Namun apabila virus Rubella menginfeksi Ibu Hamil  (trimester pertama/awal kehamilan) maka hampir dipastikan janin yang ada dalam kandungannya berisiko mengalami keguguran atau jika anak tersebut mampu lahir hampir dipastikan anak tersebut akan mengalami kecacatan atau kelainan bawaan.

Loading...

Gejala penyakit campak yaitu demam tinggi, muncul Rash atau bintik-bintik merah pada kulit, biasanya disertai batuk/pilek, konjungtivitis (matanya merah dan sembab). Sedangkan gejala penyakit rubella tidak pasti, hampir seperti campak/lebih ringan atau tanpa gejala. Gejala yang umum yaitu pusing, panas, mata merah, linu-linu pada sendi. Hampir mirip dengan flu.

Prinsipnya penyakit karena virus tidak ada obatnya. Anak yang terkena penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya apabila penanganannya tepat dan tidak terlambat. Cara satu-satunya adalah memperbaiki kondisi tubuh pasien dan mengembalikan sistem kekebalan tubuh pasien. Tatalaksana yang dilakukan dokter seringkali yaitu mensuport kembalinya kondisi pasien seperti sediakala.

Meskipun sangat berbahaya dan menular namun penyakit ini dapat dicegah yaitu dengan Imunisasi. Imunisasi MR (Measles Rubella) adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ini. Imunisasi MR ini mampu mencegah 2 penyakit sekaligus yaitu Measles (Campak) dan Rubella yang sangat efektif diberikan pada anak dibawah 15 tahun. (Promkes Dinkes Inhil)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]