Loading...

SELAMAT... Hasil Rekapitulasi KPU Riau, Syamsuar - Edy Natas Pemenang Pilgub Riau

Syamsuar- Edy Natar.

PEKANBARU (RIAUAIR.COM)- Pasangan Syamsuar- Edy Natar Nasution akhirnya resmi menjadi pemenang Pilkada Riau 2018  versi rekapitulasi suara Pilgub Riau PKU Riau. 

Hasil penghitungan suara berdasarkan Sidang Pleno Rekapitulasi perolehan suara kabupaten kota yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Ahad (8/7/2018) menetapkan pasangan nomor urut 1 ini sebagai peraih suara terbanyak.

Pasangan Syamsuar-Edy Natar (PAN, Nasdem dan PKS)  memeroleh 799.289 suara, disusul Paslon nomor urut 4 Arsyad Juliandi Rachman-Suyatno (Partai Golkar,PDI Perjuangan, Hanura dan PKPI) dengan perolehan 507.187 suara serta pasangan nomor urut 3 Firdaus - Rusli Effendi (Partai Demokrat, PPP dan PBB) memeroleh 416.248 suara disusul posisi keempat pasangan Lukman Edy- Hardianto (Partai Gerindra- PKB) dengan perolehan 369.802 suara.

Loading...

Dalam rekaputulasi tersebut juga  tergambar, pasangan Syamsuar-Edy Natar unggul di sembilan kabupaten dan kota masing-masing Pekanbaru, Rokan Hulu, Pelalawan, Siak, Rokan Hilir, Dumai, Kuantan SIngingi dan Kepulauan Meranti. 

Adapun pasangan Firdaus-Rusli Effendi unggul di Kabupaten Kampar serta pasangan Lukman Edy-Hardianto unggul di Kabupaten Indragiri Hilir.

Dari rekapitulasi yang dilakukan juga terungkap jumlah suara pemilih yang mengikuti Pilkada Gubernur Riau kali ini adalah sebanyak 2.146.132 suara dari total Daftar Pemilih Tetap sebanyak 3,62 juta pemilih.

Pasca rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Riau ini, direncanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau akan membuat penetapan hasil pelaksanaan Pilgubri 2018. 

''Dalam tiga hari ke depan, bila tidak ada gugatan atau tuntutan dari masing-masing pasangan terhadap hasil penghitungan ini yang disampaikan kepada Mahkamah Konstitusi, maka, KPU akan membuat penetapan pada 12 Juli 2018 yang akan datang untuk hasil pelaksanaan Pilgub Riau,'' ungkap Ketua KPU Riau, DR. Nurhamin selepas rekapitulasi.

Sejauh ini, dari empat pasangan calon Pilgub Riau, tiga lainnya sudah menyampaikan kemenangan pasangan Syamsuar-Edy Natar. Keduanya masing-masing DR Firdaus ST,MT- Rusli Effendy dan pasangan Lukman Edy-Hardianto dan pasangan petahana, Arsyadjuliandi Rachman. 

Ketiga kompetitor ini menyatakan kemenangan Syamsuar-Edy Natar dan menyampaikan dukungannya kepada pasangan gubernur-wakil gubernur Riau hasil Pilgub yang dilaksanakan 27 Juni 2018 yang lalu.(R02) 


 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]