Loading...

JANGAN LUPA...Besok, KPU Gelar Debat Kandidat Pilgubri 2018 Tahap II

PEKANBARU (RIAUAIR.COM) - Jika tidak ada aral melintang, Jum'at (22/6/18) KPU Riau akan menggelar debat kandidat paslon Pilgubri tahap II. Debat kandidat tersebut merupakan bagian dari tahapan pilgubri 2018.

Hal itu diungkapkan okeh Ketua KPU Riau, Nurhamin Kamis (21/6/18). Menurutnya, kegiatan debat kandidat tersebut ada perbedaan dibandingkan dengan debat kandidat tahap pertama.

"Beberapa perbedaan yang cukup menonjol adalah segmen. Pada debat kandidat tahap pertama terdiri dari 6 segmen. Sementara debat kandidat tahap II  hanya ada 4 segmen. Namun, di debat  kandidat II waktu lebih diberikan kepada paslon untuk berorasi. Yaitu diberikan waktu 2 menit. Sementara debat kandidat selumnya hanya diberikan waktu 1,5 menit," terang Nurhamin.

Loading...

Namun, tambahnya, jika orasi paslon sudah sselesai ssbelum batas waktu usai, moderator bisa menghentikannya dan memberikan ke paslon lain.Nurhamin menyatakan, perbedaan lainya adalah mengenai masalah tim pendukung. Jika pada debat kandidat tahap pertama hanya 100 orang, pada debat kandidat tahap II ini tim pendukung bisa sampai 150 orang.

Selain itu, tambahnya, dalan debatvjandidat kali ini, pendukung dan undangan tidak diperbolehkan membawa makanan. Alasannya adalah agar tidak dijadikan sarana provokasi.

"Segmen terakhir, paslon bisa mengungkapkan bagaimana jika mereka kalah. Karena proses pilkada merupakan murni keinginan masyarakat. Kemenangan pilkada ini adalah kemenangan Riau," katanya.

Debat terakhir, tambah Nurhamin, ia berharap akan dapat berjalan dengan baik dan tertib agar tidak menciderai proses pilkada sebelumnya. Untuk itu, pelaksanaan debat kandidat akan mendapatkan debat kandidat yang santun dan bersih serta partisipatif. (R06/Mcr)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]