Loading...

H-1 Idul Fitri, Pemotongan Hewan Ternak di RPH Pekanbaru Naik 60 Persen

Aktivitas penyembelihan hewan ternak.

PEKANBARU (RIAUAIR.COM)- Hingga H-1 Lebaran Idul fitri 1439 Hijriyah, jumlah pemotongan sapi meningkat tajam di Rumah Potong Hewan (RPH) Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Cipta Karya. Hal tersebut dikarenakan tingkat konsumsi daging masyarakat menyambut lebaran idul fitri meningkat.

Berdasarkan data yang dirangkum Pekanbaru.go.id untuk pemotongan daging sapi di rph sejak H-5 lebaran yakni, 45 ekor, H-4 lebaran 55 ekor, h-3 lebaran 103 ekor, h-2 lebaran 125 ekor dan h-1 lebaran 165. Jika dibandingkan hari biasa pemotongan di rph hanya 30 ekor perharinya. Artinya ada peningkat pemotongan hingga 60 persen di rph.

"Peningkatan pemotongan sudah terjadi sejak awal Ramadan lalu sebesar 15 persen, diperkirakan kini peningkatannya sudah mencapai 60 persen hingga h-1 lebaran," ujar Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru drh Firdaus.

Loading...

Mengantipasi peningkatan permintaan daging sapi di Pekanbaru selama Ramadan hingga Idul Fitri, pihaknya telah berkordinasi dengan pihak pengusaha menyediakan 6.000 ekor sapi jelang Idul Fitri. Sedangkan pemotongan sapi di RPH menyesuaikan tingkat permintaan.

"Jika pada hari biasa jumlah pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) hanya 25-30 ekor sapi perhari, maka akan menjadi 40-45 ekor," katanya.

Mengenai asal sapi yang didatangkan ke Pekanbaru, Firdaus menjelaskan, berasal dari Lampung dan Sumatera Utara, di mana sapi terbanyak didatangkan dari Lampung yakni sebanyak 55 persen sedangkan Sumatera Utara sisanya yakni 45 persen.

"Untuk itu kita meminta masyarakat Pekanbaru tidak perlu khawatir akan ketersediaan daging sapi. Karena stok aman hingga Idul Fitri," ucapnya.

Selain itu, Firadus juga menyebutkan setelah lonjakan pemotongan di rph terjadi hingga h-1 lebaran, setelah lebaran aktivitas pemotongan daging selama tiga hari ditiadakan. "Dan hari keempat baru beroperasional lagi,"bebernya.(Kominfo7/RD1)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]