Loading...

Lima Tahun Berturut-turut, Kota Pekanbaru Jadi Tujuan InvestasiTerbaik di Indonesia

Wali Kota Pekanbaru non aktif Firdaus saat menerima penghargaan Pekanbaru sebagai kota tujuan investasi.

PEKANBARU (RIAUAIR.COM)  – Kota Pekanbaru kembali menerima pengakuan pusat sebagai Kota Tujuan Investasi Terbaik di Indonesia versi Sindo Weekly.

Hebatnya, prediket tersebut disematkan kepada Kota Pekanbaru yang mengusung visi Smart City, ini sudah diterima selama lima tahun berturut-turut sejak 2014 silam.

Melalui penghargaan itu, Jamil berharap bisa memotivasi pihaknya untuk terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan investor yang ingin berinvestasi di Pekanbaru.

Loading...

DR Firdaus menerima penghargaan atas keberhasilan Pekanbaru menerima penghargaan sebagai kota tujuan investasi terbaik.

"Untuk memberikan pelayanan terbaik ini, kita terus berinovasi, salah satunya melalui penerapan pelayanan sistem online," ujarnya.

Saat ini, terang dia, terdapat 30 pelayanan perizinan sistem online yang sudah diterapkan DMP-PTSP.

"Untuk itu, masyarakat dan investor yang hendak mengurus berbagai perizinan tidak mesti datang ke kantor (DPM-PTSP). Karena saat ini semua bisa diproses melalui sistem online," ucapnya.

Dr Firdaus saat menerima penghargaan bersama sejumlah wali kota di Indonesia.

Penerapan perizinan sistem online, sambung Jamil, juga merupakan salah satu upaya DPM-PTSP mendorong terwujudnya Smart City Madani.

Penganugerahan Kota Investasi Terbaik diterima langsung oleh Plt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si.

Pelaksana tugas Wali Kota (Plt) Ayat Cahyadi, S.Si  menyebutkan jika prestasi yang diraih Kota Pekanbaru sebagai kota investasi terbaik di Indonesia tahun 2018 sangat berpengaruh terhadap Penghasilan Asli Daerah (PAD) Kota Pekanbaru.

"Jadi ketika semakin banyak yang berinvestasi dan pusat perbelanjaan maka pembayaran pajak dan retribusi semakin banyak pula," ucap Ayat.

Ayat juga menyampaikan dengan raihan ini kita merasa bersyukur dan semoga ini bisa memotivasi, terutama dinas DPM-PTSP Kota Pekanbaru dalam memberikan pelayanan perizinan semakin dipercepat.

Firdaus menerima penghargaan dari CEO MNC Group Hari Tanoe Soedibjo.

Sebab sesuai arahan Presiden beberapa waktu lalu, kedepan dalam percepatan investasi pada perpres tahun 2017 tidak ada lagi perizinan selesainya hari, bulan kalau bisa perjam semua sudah selesai.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh CEO MNC Group, Hari Tanoe Soedibjo dalam acara Sindo Government Award 2018 yang digelar pada 5 April 2018 lalu di Grand Westin hotel Jakarta.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru non aktif, DR H Firdaus ST, MT menyampaikan terima kasihnya atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan.

''Ini tentunya menjadi motivasi dan penyemangat bagi seluruh jajaran untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi ke depan,'' ungkap dia saat ditemui malam tadi.

Firdaus, dalam kesempatan terpisah juga mengapresiasi kinerja DPMPTSP dan Pemko Pekanbaru umumnya dalam memberikan pelayanan prima dan terus melakukan inovasi dan improvisasi dalam tugas.

Firdaus mengungkapkan, improvisasi itu perlu dan sangat diperlukan guna menunjang kemudahan dan mencari jalan keluar dari persoalan-persoalan, termasuk dalam menarik sebanyak mungkin arus investasi ke Kota Pekanbaru.

Improvisasi seperti itu juga yang dibutuhkan Riau saat ini. ''Pemerintah khususnya, tidak boleh mati hanya karena terbentur dalam satu persoalan. Pemerintah perlu membangun kreativitas sehingga, ada solusi atas persoalan yang dihadapi,'' kata Firdaus.

Disebutkan dia, salah satu contoh yang paling nyata adalah, terkait penerbitan izin yang berkaitan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
Kita tak menafikan itu menjadi persoalan. Tapi, harus ada solusi, sehingga, pelayanan tidak terhenti. Pekanbaru, sebut Firdaus sudah menemukan pola dalam mencari jalan keluar terhadap arus investasi yang masuk.

Pekanbaru juga sudah bersiap untuk membuat layanan lebih canggih lagi dengan membuka Mal Pelayanan Pekanbaru di kompleks Kantor Wali Kota Pekanbaru di Sudirman. '' Rencananya Mal Pelayanan itu juga tahun ini dilounching. Mudah-mudahan ini juga bisa lebih memudahkan masyarakat. Mendapat pelayanan seperti di sebuah mal dengan pelayanan maksimal,'' semangat Firdaus.(**/advertorial)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]