Loading...

Pawai Sambut Ramadhan DMI di Bagansiapiapi Berlangsung Meriah...

Suasana pawai menjelang bulan suci Ramadhan di Kota Bagansiapiapi.

BAGANSIAPIAPI (RIAUAIR.COM)– Pelaksanaan pawai menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H  di ibu kota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi berjalan sukses dan meriah.

Pawai massal menyambut bulan suci ramadhan tersebut di sambut baik oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada DMI (Dewan Mesjid Indonesia) Kabupaten Rokan Hilir yang telah menaja acara pawai ini yang diikuti oleh seluruh umat Islam.

Loading...

Demikian hal ini dijelaskan oleh Setdakab Rohil, Surya Arfan kepada awak media di jalan Perwira Bagansiapiapi,Kamis (10/05/2018) seusai melepas barisan pawai.

"Diikuti oleh remaja mesjid dan sekolah sekolah, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat SMA dan sederajat. Sebanyak 95 komunitas, Ini sangat luar biasa karena kegiatan ini murni mandiri dari swadaya masyarakat. Tidak ada dana pemerintah, ini suatu kebiasaan yang perlu kita dukung. Tidak selamanya hanya pemerintah yang mendanai dan membuat suatu acara, padahal masyarakat juga mampu,” kata Surya Arfan.

Surya Arfan menjelaskan bahwa pawai menyambut bulan ramadhan ini menghilangkan bahwa suatu acara itu harus pemerintah yang mendanainya. Padahal masyarakat juga mampu dan bisa menyelenggarakan suatu acara menjadi meriah.

Dia menjelaskan bahwa 95 komunitas bisa dikoordinir ikut serta dalam pawai menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H ini untuk bersama-sama mensyiarkan Islam yang dikemas dalam pelaksanaan pawai.

“Ke depan umat Islam bisa menyelenggarakan kegiatan sendiri untuk mensyiarkan Islam tanpa bantuan dana pemerintah,” ujarnya.

Kegiatan itu, lanjut Setdakab Rohil bukan hanya sebatas melaksanakan pawai saja namun bisa juga dengan Tabligh Akbar, juga dalam mendirikan lembaga pendidikan tanpa dana dari pemerintah.

“Kalau kita bersama tentu bisa, apalagi kekuatan umat islam yang ada. Kali ini kami himbau berfikir bagaimana mengembangkan Islam yang baik dengan kekuatan bersama-sama dan jangan mau diadu domba,” katanya.

Ia melanjutkan, “Kadangkala ada ormas yang merasa hebat dari yang lain. Mari kita sama-sama umat Islam apapun dia berkesempatan untuk maju. Silahkan siapa yang mampu mengkoordinirnya.”

“Sekarang DMI, silahkan yang lain menyusul juga kemampuannya untuk mengkoordinirnya. Apapun kegiatan bersifat positif pemerintah akan mensupport,” katanya.

Dalam kesempatan ini pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada peserta pawai dengan swadaya sendiri ikut berpartisipasi dalam kegiatan pawai menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H ini.

“Kalau mau bersama-sama maka umat Islam akan bisa. Ini yang pertama tanpa biaya pemerintah. Meskipun yang pertama ketika menyambut 1 Muharram lalu juga ditaja pawai oleh DMI. Namun kali ini tanpa dana dari pemerintah,” ujarnya.

“Ini khan suatu meningkatnya kesadaran umat islam untuk menyambut hari besar islam. Hari ini merupakan meluapkan rasa bahagia sebagai umat Islam dalam menyambut bulan Ramadhan. Namun diharapkan juga DMI memantau jamaah di masjid di daerah Rokan Hilir apakah para jemaah sudah memenuhi mesjid saat sholat berjemaah? Apakah mesjidnya dapat di makmurkan oleh umat?,” tuturnya.

"Kemudian diharapkan DMI berkoordinasi dalam menyusun jadwal penceramah dalam menghadapi bulan Ramadhan,” pungkasnya.(CR5/nto)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]