Loading...

Pemkab Kampar Komit Jadikan Balimau Kasai Sebagai Agenda Wisata

Suasana rapat persiapan Balimau Kasai Pemkab Kampar.

BANGKINANG (RIAUAIR.COM)- Pemerintah Kabupaten Kampar Komit mengembangkan dan mengeksplorasi Balimau kasai sebagai salah satu iven wisata religi tahunan di Kabupaten Kampar.

''Balimau Kasai ini sudah di kenal oleh masyarakat luas di Riau, tinggal bagaimana mengemas acara ini sesuai dengan adat istiadat dan kebiasaan masyarakat  Kampar sebagai negeri serambi Mekkahnya Riau,'' ungkap Sekdakab Kampar M Yusri.
 
Dikatakan Yusri saat memimpin Rapat persiapan acara Balimau Kasai  di Ruang Rapat Sekda lantai II Komplek Kantor Bupati Kampar Bangkinang Kota,  Rabu (9/5/2018), Balimau Kasai adalah kegiatan yang sudah menjadi tradisi oleh masyarakat Kampar terutama yang berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar.

Pemkab Kampar mendukung kegiatan ini. Namun, Yusri mengingatkan warga  untuk jangan disalahgunakan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat dan dilarang.

Loading...

''Begitu juga terhadap keselamatan dan ketertiban berlalu lintas, perlu diperhatikan. Maka dari itu, kita melakukan rapat koordinasi antar instansi berkaitan dengan pelaksanaan Balimau Kasai ini, ” Kata Yusri. 

Oleh sebab itu dalam pelaksanaan nanti ia meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat melaksanakan kegiatan penyambutan bulan suci Ramadhan ini dengan kegiatan yang bernuansa islami.

''Banyak yang dapat kita tampilkan pada iven ini, saya himbau mari kita tampilkan tentang kejayaan Kampar baik itu  sejarah Islam di kampar, Kampar sebagi gudangnya santri, atau kondisi dan kehidupan keagamaan di Kampar ataupun hal yang berkaitan dengan perkembangan Islam di Kabupaten Kampar,” ajak Yusri. 

“Kepada seluruh pengunjung dan masyarakat, peserta karnaval , sampan hias dan sebagainya agar tidak menyalahgunakan kegiatan ini yang bertentangan dengan norma agama dan  adat istiadat seperti mabuk-mabukan, musik-musik keras. 

''Jadikanlah ini  sebagai momentum silaturahimm dan pembersihan diri dalam rangka menyambut bulan suci,'' imbuh Datuk Yusri.
 
Dan kepada seluruh kepala dinas diminta memberikan dukungan dan diminta untuk mengawasi  hal-hal yang kita imbau agar tidak terjadi.

Rapat tersebut dihadiri oleh Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) M Yasir, Kepala  Dinas Sosial M. Amin Filda, Plt. Kepala Dinas  Pariwisata Heri Susanto, Plt Kepala Diana Kominfo Herry Indra Mulya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Hambali, Camat Kampar Amri Yudo , Kabag Kesra Setda Kampar Sasminedi Saleh, Tokoh Maysrakat Batu Belah Kecamatan Kampar Bakri dan Zufri.
 
Ini adalah agenda Kabupaten Kampar oleh sebab itu mari kita sukseskan dan dukung terhadap kesuksesan acara ini, sesuai dengan kultur dan norma yang kita anut, buatlah kegiatan yang berniali manfaat jangan hura-hura” Tambah Sekda lagi. (R06/zar)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]