Loading...

Plt Wali Kota Buka Kegiatan Literasi Perpustakaan

PEKANBARU (RIAUAIR.COM) - Bersempena Hari Jadi Pekanbaru ke-234 tahun 2018, Hari Buku Nasional, dan Hari Pemberdayaan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru menggelar kegiatan literasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional orang tua membaca buku untuk anak (Gernas Baku).

Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari (7-9 Mei 2018) di halaman kantor Dispusip Kota Pekanbaru Jalan Sutomo, yang mana pada hari ini dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi SSi.

"Ada beberapa rangkaian kegiatan literasi perpustakaan dalam rangka menyambut HUT Pekanbaru ke 234, Hari Buku Nasional, dan Hari Pemberdayaan Perpustakaan yang digelar Dispusip Pekanbaru. Alhamdulillah, semua ini tujuannya untuk bagaimana meningkatkan minat baca dan mengembangkan kreativitas yang dimiliki masyarakat kita di Kota Pekanbaru," ujar Plt Wali Kota.

Loading...

Sementara Kepala Dispusip Kota Pekanbaru Ir Hj Nelfiyona MSi, mengatakan kegiatan literasi ini meliputi berbagai lomba yang digelar. Antara lain, lomba yel-yel literasi, workshop mendongeng, book fair, lomba mewarnai tingkat TK, dan lomba Strory Telling tingkat SD.

"lomba yel-yel literasi diikuti sekitar 20 kelompok siswa tingkat SLTP dan SLTA. Tujuannya untuk memotivasi dan meningkatkan kreativitas generasi muda dalam mencintai buku dan memberdayakan perpustakaan," ujar Nelfiyona.

Kemudian, kegiatan workshop mendongeng diikuti oleh sekitar 50 orang tua dan kader dari utusan kelurahan/kecamatan se-Kota Pekanbaru. Kegiatan ini, dimaksudkan untuk mengedukasi orang tua agar membiasakan mendongeng untuk anak minimal 20 menit setiap hari.

"Mendongeng dapat menumbuhkan minat baca pada anak, meningkatkan jiwa imajinasi, daya pikir, dan mempererat hubungan sosial emosi orang tua terhadap anak," kata Nelfiyona lagi.

Lanjut kegiatan pada hari ini sampai besok, dilaksanakan lomba mendongeng tingkat SD se-Kota Pekanbaru yang pesertanya perwakilan dari masing-masing Kecamatan sebanyak 24 orang. Ada juga lomba mewarnai tingkat TK yang diikuti oleh 100 orang anak se-Kota Pekanbaru yang diselenggarakan di lantai 2 perpustakaan umum Kota Pekanbaru.

"Jadi, untuk mensosialisasikan fungsi perpustakaan umum Kota Pekanbaru dan menyediakan buku murah berkualitas bagi masyarakat, maka Dispusip juga menyelenggarakan book Fair yang bekerjasama dengan beberapa penerbit yang ada di Kota Pekanbaru. Semoga Allah menjadikan kegiatan ini sebagai amal ibadah bagi kita semua, dan apa yang kita cita-citakan mudah-mudahan tercapai dengan baik," ungkapnya. (R05/Kominfo)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]