Loading...

Pemkab Rokan Hulu Launching Labor TBC Keliling, Ini Harapan Bupati Sukiman

PASIRPENGARAIAN (RIAUAIR.COM) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) komit mendukung program Indonesia bebas TBC tahun 2030. Ini dibuktikan dengan launcing mobil Laboratorium khusus penyakit TBC. Nantinya, armada laboratorium ini akan keliling ke 16 kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Rohul.

Armada laboratorium TBC keliling ini diserahkan langsung Bupati Rohul, H Sukiman kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), dr Bambang Triono, kemarin di halaman kantor bupati. Kemudian, Laboratoriun TBC keliling ini diharapkan dapat menekan korban penderita penyakit menular hingga ke pedesaan.

"Kita berharap, dengan adanya laboratorium keliling ini bisa menekan angka penderita penyakit TBC. Ini merupakan komitmen Pemkab Rohul mendukung program bebas TBC tahun 2023," sebut Bupati Sukiman.

Loading...

Lanjut orang nomor satu Rohul ini meminta, kesadaran masyarakat agar melakukan pemeriksaan, jika terindikasi mengidap penyakit TBC. "Paling utama jaga kesehatan dan lingkungan. Karena menjaga lebih baik dari pada mengobati," ajak mantan Dandim Inhil tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinkes Rohul, dr Bambang Triono menambahkan, mobil laboratorium keliling ini merupakan hasil rekondisi mobil yang lama. "Ya mobil yang lama kita fungsikan kembali untuk jadi wadah labor keliling," jelas dr Bambang ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (20/4/2018).

Sejauh ini, kata dr Bambang penderita penyakit TBC di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk tersebut tergolong rendah. Meski demikian, pihaknya tetap mengantisifasi agar penyakit ini tidak terus berkembang, salah satunya dengan mengaktifkan labor keliling.

Dalam pada itu, dia mengajak masyarakat untuk mengenali gejala-gejala yang disebabkan penyakit TBC. Salah satunya gejala penyakit menular ini adalah batuk berkepanjangan sampai 2 minggu disertai dengan menurunnya kondisi fisik.

"Penderita penyakit TBC ini juga sering berkeringat tanpa ada sebab. Jadi kita menghimbau, bagi masyarakat yang menemukan gejala ini, segera periksa ke labor keliling atau datang ke puskesmas setempat," himbaunya. (R11/Mcr)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]