Loading...

Ini Sakti, Bule Cantik Asal Kanada yang Ditugasi untuk 'Membujuk' Harimau Bonita

Sakti, bule wanita yang akan menaklukkan Bonitta.

TEMBILAHAN (RIAUAIR.COM) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mendatangkan animal communicator atau ahli bahasa satwa untuk membujuk Bonita, harimau Sumatera. 

Bonita diduga telah menewaskan dua warga di Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, beberapa waktu lalu.

"‎Kita sudah mendatangkan ahli animal language untuk mendukung tim dalam upaya membujuk Bonita," kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, Rabu (4/3) seperti dimuat Jawapos.com..

Loading...

Terpisah, Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau yang juga sebagai ketua regu penyelamatan harimau Sumatera, menuturkan bahwa ahli bahasa satwa yang berasal dari Kanada tersebut sudah bergabung bersama tim guna menelusuri jejak Bonita di areal perkebunan PT Tabung Haji Inti Plantation (THIP), Inhil.

"Dia sudah berada di lokasi dan bergabung dengan tim," jelasnya.

Lebih lanjut Hutomo menjelaskan, ahli bahasa satwa yang didatangkan merupakan seorang wanita muda. Ia dikenal dengan nama Sakti dan sudah cukup mengenal satwa yang ada di Indonesia karena terlebih dahulu bergabung dengan salah satu‎ yayasan peduli satwa.

‎Cara kerja Sakti nantinya akan mendengarkan suara auman harimau. Dari jarak tertentu, Sakti dapat membaca posisi harimau tersebut dengan menggunakan gelombang.

‎"Jadi seperti di National Geographic. Sakti akan mendengar auman harimau lalu dia akan berupaya menerjemahkan posisinya, seperti menggunakan gelombang. Ini ilmiah, bukan magic," sebutnya.

Menurut pantauan terakhir tim pada Minggu, 25 Maret 2018, Bonita telah menjauh dari ‎areal perkebunan. Harimau betina yang diperkirakan berusia empat tahun ini memasuki kawasan hutan yang bersebelahan dengan Hak Guna Usaha (HGU) kebun dengan jarak dua hingga tiga jam menggunakan speedboat. (R02)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]