Loading...

Diskes Sebut Kasus Cacing Pita Dalam Kemasan Sarden Belum Ditemukan di Pekanbaru, Yakin?

Sardines.

PEKANBARU (RIAUAIR.COM) - Sepekan terakhir ini, publik dikejutkan dengan ditemukannya cacing pita dalam kemasan ikan sarden Makarel.

Kejadian yang terjadi di Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru tetap mengimbau masyarakat mewaspadai hal ini.

Sampai saat ini menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy belum menemukan indikasi itu di Pekanbaru.

Loading...

Dikatakan, masyarakat patut waspada mengkonsumsi ikan sarden. Karena tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan kemasan ini cukup tinggi. Bahkan tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa ikan kemasan tersebut.

"Saat ini kita belum menerima laporan tentang Ikan Sarden yang terdapat cacing. Bahkan BPPOM juga belum ada menggandeng kita untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke toko-toko,"kata Dokter Bob, Selasa (20/3).

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk mememperhatikan beberapa hal saat sebelum membeli ikan dalam bentuk kemasan. Hal tersebut untuk meminimalisir terdapatnya cacing di dalam kemasasan.

"Yang harus diperhatikan diantaranya izin edar ikan kemasan tersebut dari BPPOM atau Kemenkes. Perhatikan tanggal kadarluarsa dari ikan kemasan tersebut. Jika sudah mendekati tanggal kadarluarsa diharapkan kepada masyarakat jangan membeli,"katanya.

Selain, dari pengawasan instansi terkait, masyarakat juga harus ekstra hati-hati dalam membeli barang, harus dilihat dulu masa kadaluarsa dan kualitas barang itu.(R05/Kominfo)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]