Loading...

Ketua Kwarcab Rohil Tinjau Aktivitas Rutin Pramuka di Bangko

BAGANSIAPIAPI (RIAUAIR.COM)- Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Rokan Hilir, Drs.H.Surya Arfan di dampingi Mabicab H.Rujito Susiswo meninjau  kegiatan rutin yang dilakukan oleh anak-anak Pramuka di Kecamatan Bangko, Ahad (11/2/2018).

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Gabungan Garis Depan (Gudep) Pramuka di Kecamatan Bangko itu yakni bergerak di bidang keterampilan,dan hasil keterampilannya sudah siap untuk di pasarkan.

Demikian di katakan Sekdakab Rohil,Drs.H. Surya Arfan, Ahad (11/02/2018) 

Loading...

"Pramuka di tingkat Kecamatan Bangko dinilai aktif, salah satunya kegiatan rutin di bidang kerajinan/ketrampilan membuat berbagai jenis perhiasan yang terbuat dari bahan kain perca dan tempurung kelapa,dan Kaca Bekas, . 

Kegiatan rutin Pramuka itu dilakukan oleh para anak-anak Gabungan Pramuka di Kecamatan Bangko. 

"Banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan anak-anak Pramuka kita, seperti membuat kerajinan dari kain perca yang menghasilkan Keset,kemudian membuat enceng gondok yang dapat menghasilkan tas, sedangkan tempurung kelapa bisa menghasilkan mainan kunci, kaca bekas menghasilkan cendramata dan lain-lain sebagainya," Kata Surya Arfan.

Dijelaskan Ketua Kwarcab Rohil, kegiatan anak - anak Pramuka itu dilaksanakan secara rutin setiap minggu di Sekretariat Kwarcab Pramuka Rohil, sebagai pembimbing kakak-kakak Pramuka yakni kak Wahman dan  kakak Sundarni," Jelasnya. 

"Hasil keterampilan anak-anak Pramuka kita dapat menghasilkan nilai ekonomi, keterampilan yang berkualitas dapat dipasarkan secara luas kepada masyarakat. Dengan di kembangkannya keterampilan itu, anak-anak Pramuka kedepan tidak perlu lagi mencari pekerjaan, akan tetapi dapat menciptakan lapangan kerja," Harap Surya Arfan.

Menurut Surya, untuk pengembangan usaha dari hasil keterampilan itu tidak lah sulit apalagi di Rohil Bagan Siapiapi khususnya kaya akan potensi bahan baku , antara lain kulit kerang, tempurung kelapa, kain perca, kaca bekas, dan banyak lagi jenis bahan baku yang dapat dimanfaatkan,"Ungkap Surya Arfan. 

Diharapkan Surya Arfan kepada anak- anak Pramuka jangan hanya tangkas di bidang keterampilan, akan tetapi juga harus punya keterampilan kerajinan/keterampilan  ekonomi produktif," Harapnya.

Berikut nama dan jenis kerajinan /keterampilan dari anak Pramuka.

1.Kain perca yang mampu menghasilkan Keset.
2. Enceng gondok menghasilkan tas, 3.Tempurung menghasilkan mainan, kunci,  
4.kaca bekas berdanya bekas menghasilkan cendramata.(CR5/nto)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]