Loading...

Warga Panik, Ular Cincin Emas Masuk Rumah di Sidomulyo Selatpanjang

Ular jenis cincin emas yang masuk rumah warga.

SELATPANJANG (RIAUAIR.COM)- Warga Jalan Sidomulyo Kecamatan Tebing Tinggi,Selatpanjang, Kepulauan Meranti malam tadi heboh.

Seekor ular berbisa jenis cincin emas (Black mangrove cat snake) ditemukan masuk ke dalam rumah warga bernama Asnawi. 

Karena khawatir membahayakan anggota keluarganya, Asnawi dan sejumlah warga akhirnya meminta bantuan dari petugas  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mengeluarkan ular jenis berbisa itu. 

Loading...

''Ular tersebut berhasil dievakuasi.Panjangnya sekitar 2 meter,'' ujar Kepala BPBD Kepulauan Meranti Edy Afrizal SE MH.

Tidak ada korban akibat ular tersebut. Hanya saja, pihak keluarga sempat khawatir dan takut karena di dalam rumah tersebut juga ada anak-anak. ''Dikhawatirkan dapat membahayakan, karena ular itu jenis berbisa, sehingga akhirnya dievakuasi,'' kata dia. 

Ular cincin emas atau yang juga dikenal dengan nama ular tali wangsa, adalah sejenis ular berbisa menengah dari suku Colubridae. 

Ular ini diberi nama ular cincin emas karena punggung ular ini berwarna belang-belang kuning emas dan hitam pekat, dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Black mangrove cat snake atau Gold-ringed catsnake. 

Sedangkan nama ilmiahnya adalah Boiga dendrophila.

Ular ini sering ditemukan melingkar di cabang pohon yang menjuntai pada bakau di tepi pantai atau cabang pohon di tepi sungai dalam hutan.

Aktifitas hariannya pada malam hari dan termasuk jenis ular yang arboreal. Makanannya adalah mamalia kecil, terutama anak burung dan kadal.(R16)


 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]