Loading...

Dimulai Februari, Riau Jadi Pembuka Program Peremajaan Kebun Sawit Nasional

Perkebunan sawit yang produktif menjadi target pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk masa mendatang. Karenanya, peremajaan tanaman menjadi prioritas.

JAKARTA (RIAUAIR.COM)- Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, hari ini menggelar rapat soal peremajaan kebun sawit rakyat. Hasilnya, pemerintah akan meremajakan 185.000 hektare (ha) kebun sawit rakyat sepanjang 2018.

Program peremajaan ini mencapai 11.000-20.000 ha lahan sawit setiap kali peluncuran

"Setahun targetnya 185 ribu, dengan target 11-20 ribu hektar lahan sawit tiap kali launching," tutur Darmin di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Loading...

Menurut Darmin peremajaan dimulai dari Provinsi Riau pada Februari nanti. Saat ini, lahan sawit di Riau yang masuk program peremajaan sekitar 12.000 ha.

Rencananya, jumlah tersebut akan ditingkatkan lagi.

"Iya berikutnya kita akan lakukan di Riau, yang sudah diproses itu 12 ribu (hektar) tapi masih lagi dicari semoga bisa lebih banyak," kata Darmin.

Dia menambahkan, program peremajaan lahan sawit untuk meningkatkan produktivitas yang sudah ada. Pasalnya dari 4,7 juta hektar kebun kelapa sawit rakyat, sekitar 2,7 juta hektar perlu diremajakan. 

"Program peremajaan sawit rakyat ini sangat penting. Pemerintah ingin membantu rakyat dan bukan mempersulit rakyat," ujar Darmin. (R02)

 

Sumber Berita: detikcom



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]