Induk Gajah di Balairaja Punya Bayi, Ini Penampakannya...

Print

Induk gajah di Balairaja  Duri berjalan mengiringi bayinya.

Induk gajah di Balairaja Duri berjalan mengiringi bayinya.

BENGKALIS (RIAUAIR.COM) - Seekor gajah betina yang hidup di alam liar di Riau melahirkan bayi. Bayi gajah itu saat ini belum mampu berjalan.

"Alhamdulillah, ini kabar gembira buat penyelamatan sisa gajah yang ada di Riau," kata Koordinator Rimba Satwa Foundation (RSF), Zulhusni, seperti dimuat detikcom, Rabu (17/1/2018).

Husni menjelaskan bayi gajah itu diperkirakan lahir dalam sepekan ini. Lokasinya di semak belukar di Desa Balai Raja, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. Berdasarkan foto yang diterima detikcom, tampak bayi gajah itu berada di sisi induknya.

"Lokasinya di hutan kecil yang tak jauh dari perkebunan milik masyarakat. Kami bersyukur masih ada bayi gajah yang terlahir di tengah ancaman kepunahan gajah Sumatera," kata Husni.

Gajah Liar di Bengkalis Riau Melahirkan Bayi, Ini PenampakannyaGajah liar di Bengkalis, Riau, melahirkan. (Istimewa)

Menurut Husni, gajah yang melahirkan ini merupakan gajah yang pernah disorientasi dari Bengkalis ke kawasan Kota Dumai.

"Jadi gajah yang melahirkan ini, yang pernah masuk ke kawasan Kota Dumai," kata Husni.

Saat ini, sambung Husni, anak gajah itu ditemani keluarganya. Satu induk, satu gajah betina lainnya, dan satu gajah jantan.

"Keluarganya masih menjaga kelahiran gajah tersebut. Bayi gajah itu belum mampu berjalan karena kondisinya masih lemah," katanya.

Husni menyebutkan gajah liar tersebut selama ini berada di bawah pengawasan RSF dan Yayasan Belantara. Saban hari, ada empat petugas yang selalu berpatroli menghindari konflik gajah dengan masyarakat.

"Hari ini kami sangat senang sekali. Rasa letih yang selama ini kami rasakan, rasanya hilang semuanya. Kami gembira atas kelahiran gajah tersebut," tutup Husni. (*)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA