Realisasi Belanja Daerah Kabupaten Rokan Hulu Capai 90,03 Persen

Print

Ilustrasi.

Ilustrasi.

PASIR PENGARAIAN (RIAUAIR.COM)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu berhasil membukukan realisasi serapan Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (APBD) tahun 2017 sebesar 90,03 persen.

Angka tersebut dinilai cukup baik dalam upaya maksimalisasi dan percepatan pelaksanaan pembangunan di wilayah Rokan Hulu. 

Total jumlah tersebut diperoleh berdasarkan realisasi kegiatan anggaran belanja di seluruh daerah di Rokan Hulu.

Dengan total tersebut, Pemkab Rohul juga membukukan Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) dengan total sebesar Rp88 miliar.

Hal itu terungkap dari rapat Realiasi Fisik Dan Keuangan (RFK) APBD Tahun 2017 yang digelar Jumaat (12/1/2018) di kantor bupati Rohul Pasir Pengaraian. 

Rapat RFK yang ditaja Bagian Ekonomi Pembangunan Setda Rohul itu dipimpin Sekda Rohul Ir. Damri harun,  serta dihadiri Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Ir. Ruslan, Kepala Dinas Badan Dan Kantor serta camat dari 16 Kecamatan 

Menurut Sekdakab Rohul, Ir. Damri Harun, Total Silpa Rp. 88 Miliar yang terungkap dalam RFK masih berupa taksiran. Jumlah Silpa Sesungguhnya nantinya didapat setelah Hasil Audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

“Jumlah Silpa itu bukan karena kegiatan tidak bisa dilaksanan oleh OPD, tetapi sisa anggaran dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan OPD. Jumlah Silpa itu baru taksiran, angka pastinya baru diperoleh setelah adanya audit dari badan pemeriksa keuangan,” Jelas Sekda.

Diterangkan Sekda, dari Seluruh OPD yang ada di Rohul hanya Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak yang realisasi Fisik dan Keuangannya dibawah 90 persen. Sementara OPD lain Rata-rata sudah tercapai diatas 90 persen. 

 “Realisasi Fisik Keuangan diatas 90 peren itu secara kegiatan sudah merupakan hasil yang cukup baik, karena hanya sekitar 9.97 persen saja yang tak terealissi, itupun  bukan karena kegiatan itu tidak bisa dilaksankan tapi sisa anggaran kegiatan,” ucap sekda.(CR2/tin)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA