Korban 'Janji' Manis, Jalan Lintas Kubu Bertahun- tahun Dibiarkan Rusak Parah

Print

Warga dan pengguna jalan bergotong royong membantu mengeluarkan kendaraan yang terjebak di kubangan tanah kuning di KM 27 Simpang pematang Langsat..

Warga dan pengguna jalan bergotong royong membantu mengeluarkan kendaraan yang terjebak di kubangan tanah kuning di KM 27 Simpang pematang Langsat..

KUBU (RIAUAIR.COM)- Kerusakan di sepanjang jalan lintas Kubu sudah berlangsung berpuluh tahun dan terus semakin parah  saja.

Saat ini, kondisinya sangat sulit dilalui kendaraan. Penuh lubang dalam menganga dan nyaris tak bisa dilalui bila musim penghujan. 

Yang membuat lebih memprihatinkan, jalan lintas ini merupakan akses jalan satu-satunya menuju kecamatan Kubu dan Kecamatan Kubu Babussalam juga kecamatan Pekaitan yang di tinggali puluhan ribu warga.

Kondisi ini mengundang keprihatinan warga. Mereka mengaku sudah sering dijanjikan untuk mendapat perbaikan, namun tak pernah kunjung terealisasi.

Seperti diungkapkan Siti B, Jumat (12/1/2028). Jalan ini merupakan satu-satunya urat nadi lalu lintas warga.

''Tidak ada jalur alternatif. Kalau mau ke Duri, Dumai, Bagansiapiapi, Medan, jalannya cuma ini. Tapi yang ada hanya seperti ini sudah berpuluh tahun,'' ungkap dia. 

Dia pun berharap perhatian dari pemerintah tidak hanya sebatas janji. 


, namun ironisnya sudah berpuluh-puluh tahun terkesan ditelantarkan tanpa ada solusi dari pemerintah setempat. Padahal  yang melalui jalan lintas Kubu  ini juga puluhan ribu warga yang tinggal di 3 kecamatan tersebut di atas apabila akan bepergian keluar pasti melewati jalan rusak ini karena memang tidak ada jalan alternatif  lain.

Saat ini, lanjut dia, kondisi  jalan tersebut sangat rusak parah.   bahkan mulai tadi malam hingga siang,  pengendara harus mengantre berjam-jam di jalan ini karena terhalang truk colt diesel  yang terbalik di badan jalan persisnya di KM 27 Simpang pematang Langsat.

Menurut Siti B tidak jalan alternatif lain yang bisa dilalui karena ini ada jalan satu-satunya sehingga  pengendara harus  sabar mengantre.

Masih kata Siti, jalan lintas Kubu ini juga  sudah banyak memakan korban jiwa namun amat disayangkannya belum ada upaya perbaikan dari pemerintah. 

''Kalau yang meninggal supir colt diesel pun sudah banyak, (mobilnya) tebalik  (terbalik) dan luka parah, “tuturnya.

Warga sendiri sudah sangat kesal dengan situasi ini. Pemerintah dan politikus yang menurutnya hanya memberikan janji tanpa ada bukti sehingga menghilangkan kepercayaannya kepada pemerintah

 

“Siapa yang mencalon pasti janji-janji manis, disini. Hanya janji-janji manis yang kami dapat jadi kepercayaan kami pudar, sementara anggota DPRD di kecamatan Kubu ada 4 orang dari dapil 5, “ujar Siti.

Dikisahkan Siti pada tahun 2007 jalan lintas Kubu pernah dalam kondisi  baik dan layak dilalui namun tidak bertahan lama hanya bertahan kurang lebih setahun setelah itu kondisinya hancur seperti saat sekarang ini, “yang bagus jalan tahun 2007 itu hanya 1 tahun kami rasa selebihnya seperti kubangan lembu,'' kata dia seperti dilaporkan mandiri pos.

Ijul  warga lainnya juga mengungkapkan kekesalannya atas rusaknya jalan lintas Kubu, 

“sudah lama kali ini jalan ini rusaknya kok nggak ada perbaikan. Gimana sih pemerintah ini, apa kami di sini nggak dianggap warga  ya? “ ungkapnya kesal.(R04)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA