BPKP Riau Minta Penetapan APBD Rohil Tepat Waktu

Print

BAGANSIAPIAPI, RIAUAIR.COM - APBD memiliki peranan yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan daerah. Bilamana terjadi keterlambatan dalam pengesahan, penetapan APBD akan berdampak langsung terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah itu sendiri. 

Akibat keterlambatan penetapan APBD tersebut, pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan menjadi tidak efektif dan efisien.

Sama halnya di Kabupaten Rokan Hilir, belakangan ini sering terjadi keterlamabatan dalam pengesahan APBD. 

Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan proses pengesahan dan penetapan APBD di Kabupaten Rokan Hilir itu dikaranakan jadwal rapat pembahasan, dan pengesahan sering terjadi molor.

Seperti pengesahan APBD Perubahan Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2017, diketahui pengesahan APBD Perubahan tahun 2017 baru disahkan pada hari Jumat, tanggal 24  November 2017. Hal itu jelas terjadi keterlambatan dalam proses pengesahan APBDnya. 

Dinilai, keterlambatan pengesahan APBD itu karena kurangnya komitmen dalam mentaati jadwal penyusunan APBD. 

Kepada media ini, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Propinsi Riau, Didik Sadikin mengatakan bahwa, APBD itu harus disahkan sesuai waktu, karena  keterlambatan pengesahan APBD sangat berpengaruh terhadap pembangunan di daerah.

"Dalam proses penyusunan,pengesahan APBD jangan sempat ada diel-diel diluar aturan, sehingga berpotensi terjadinya tindak pidana korupsi dikemudian hari. Itu yang harus di cegah,"kata Dikdik Sadikin.

"Untuk di Rohil perlu kita cek dulu, apakah keterlambatan itu pada proses penyusunan atau pengesahannya, yang kita inginkan pengesahan APBD jangan ada diel-diel diluar aturan. Mudah-mudah di Rohil tidak ada yang seperti itu, " ujarnya.

Terkait pokok-pokok pikiran dewan, Sadikin menegaskan bahwa pihaknya belum mengarah kesitu, namun demikian pihaknya akan mempelajari hal tersebut," pungkasnya. (CR5)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA