Loading...

PAN Juga Berikan Dukungan, Duet Syamsuar-Edy Afrizal Natar Jadi Penantang Pertama Andi-Suyatno

Penyerahan SK Bakal Calon Gubernur Riau kepada Syamsuar langsung oleh Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pasangan calon Gubernur Riau, Syamsuar -  Brigjen TNI Edy Afrizal Natar Nasution menjadi penantang pertama pasangan calon incumbent, Arsyadjuliandi Rachman- Suyatno pada Pilgubri 2018.

Kepastian tersebut setelah Syamsuar meberima Surat Keputusan (SK) Bakal Calon Pilgubri dari Partai Amanat Nasional yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Selasa (2/1/2018) malam tadi. 

Beredar kabar kalau dukungan tersebut tidak saja berasal dari PAN, namun juga bulat diberikan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai partai Koalisi. 

Loading...

Sebelumnya, Syamsuar yang berpasangan dengan Brigjen TNI Edy Afrizal Natar Nasution juga sudah mengantongi dukungan dari Partai NasDem. Sehingga, total kuota yang dibutuhkan untuk maju sebagai kontestan Pilgubri 2018 sudah terpenuhi.

"SK langsung diserahkan pak Ketum kita di kediaman beliau di Jalan Widya Chandra Jakarta," kata Sekretaris DPW PAN Riau Tengku Zulmizan Assegaff, Selasa (2/1/18).

Dengan telah diserahkannya SK dukungan untuk pasangan Syamsuar-Edy ini, maka terpenuhilah modal dasar 13 kursi, sesuai dengan syarat ketentuan dalam mengikuti pesta demokrasi di Riau. Dimana partai berlambang matahari terbit ini memiliki 7 kursi. Sementara PKS dan Nasdem masing-masing 3 kursi. 

"Sebelumnya, PKS sudah mengeluarkan SK nya pada 20 Desember, Nasdem 28 Desember, sementara PAN 2 Januari 2018. Tapi walau begitu, rekomendasi PAN sudah kita berikan dua bulan lalu, tepatnya diserahkan pada 26 Oktober 2017. Ini artinya dukungan yang awalnya rekomendasi itu sesuai harapan," ujar Zulmizan.

Zulmizan meyakini, akan ada tambahan 'amunisi' dari partai lainnya, untuk memberikan dukungan kepada pasangan Syamsuar-Edy tersebut. Namun partai mana yang dimaksud, Zulmizan masih belum mau mengungkapkan. "Sepertinya gejalanya ada, saya tak bisa bilang sekarang. Yang jelas komunikasi masih berjalan," ujar Zulmizan.

Jika ini benar, maka kekuatan dukungan terhadap Syamsuar yang nota bene Bupati Siak serta Edy Natar sebagai Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 031/WB tersebut akan semakin kuat. Ada pun untuk deklarasi, Zulmizan menyatakan akan gelar pada Ahad, 7 Januari mendatang di Bandar Serai Raja Ali Haji Purna MTQ. 

Sementara DPW PAN sendiri terlebih dahulu akan menggelar syukuran atas SK yang diberikan tersebut pada Jumat, 5 Januari 2018 di Rumah PAN, Jalan Arifin Ahmad.

"Kita undang seluruh pengurus dan kader PAN di Riau. Kita ingatkan dengan keluarnya SK ini, maka otomatis ini juga intruksi bagi kader untuk memenangkan pasangan Syamsuar-Edy," tegas Zulmizan.

Sementara itu, dalam surat yang beredar, koaliasi PAN, Nasdem dan PKS ini diberi nama ''Koalisi Riau Bersatu''. Koalisi ini sudah memenuhi syarat karena PAN memiliki 7 kursi di DPRD Riau sementara Nasdem dan PKS masing-masing memiliki 3 kursi, sehingga totalnya sudah terpenuhi sebanyak 13 kursi.(R04)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]