Loading...

Lima Desa di Dua Kecamatan di Rokan Hulu Direndam Banjir

Banjir melanda Rokan Hulu.

UJUNGBATU (RIAUAIR.COM)- Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir menyebabkan  sejumlah desa di dua dua kecamatan di Rokan Hulu terendam banjir. 

Adapun desa-desa tersebut masing-masing desa Pematang Tebih, Desa Suka Damai  dan Desa Ujung Batu Timur terletak di Kecamatan Ujungbatu, serta Desa Lubuk Napal di Kecamatan Rambah Samo. 

Akibat banjir tersebut, ratusan warga dilaporkan terkena dampak.

Loading...

Kepala Pelaksana BPBD Rohul Aceng Herdiana saat dikonfirmasi membenarkan kondisi tersebut. Total, kata dia, ada sekitar 327 kepala keluarga terdampak, satu jembatan rusak dan satu gereja terendam. 

''Totalnya ada 327 kepala keluarga yang terdampak banjir dengan rata-rata kedalaman 50 hingga 150 centimeter. Terparah di Ujungbatu,'' kata dia.  

Dari data yang dihumpun BPBD Rokan Hulu, total keseluruhan kepala keluarga yang terdampak banjir di Ujungbatu, sebanyak 129 kepala keluarga di kelurahan  ujung batu, 34 kepala keluarga di Pematang Tebih, 81 kepala keluarga di Desa Suka Damai dan 53 Kepala Keluarga di Ujugnbatu Timur. 

Adapun di Lubuk Napal Kecamatan Rambah Samo, dilaporkan ada sebanyak 30 kepala keluarga terdampak. Dalam banjir ini, tidak ada korban jiwa. 

Meski begitu, dijelaskan Aceng, saat ini, kondisi banjir di beberapa desa tersebut sudah mulai surut. Hanya ada beberapa desa yang masih terdampak dengan kedalaman 50 hingga 150 centimeter. 

Pihaknya sudah melakukan pendataan dan menyerahkan bantuan kepada keluarga yang terdampak berupa bantuan sembilan bahan pokok, beras, gula dan minyak goreng juga mi goreng.

Dia mengajak seluruh  masyarakat Rokan Hulu yang bermukim di wilayah rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan buruk terjadinya bencana banjir ataupun longsor. 

''Saat ini musim penghujan, dan curah hujan cukup tinggi. Kita imbau seluruh warga untuk waspada,'' ajak dia.(R19)

 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]