Anggota DPRD Dumai Ini Temui Masyarakatnya Jemput Aspirasi Membangun Daerah

Print

Ketua DPRD Dumai Gusri Efendi saat reses beberapa waktu lalu.

Ketua DPRD Dumai Gusri Efendi saat reses beberapa waktu lalu.

PARLEMENTARIA

DUMAI (RIAUAIR.COM)- Reses adalah upaya dari wakil rakyat yang duduk di Dewan perwakilan Rakyat (DPR dan DPRD) untuk mendapatkan informasi, berkomunikasi dengan masyarakat yang menjadi konstituennya.

Reses biasanya dilakukan di daerah-daerah asal dimana anggota DPRD mendapatkan dukungan dari masyarakat yang diwakilinya. 

Anggota DPRD akan berkomunikasi tentang apa-apa hal dan langskah yang telah dilakukan dalam termin waktu tertentu dan kembali membuka ruang diskusi dan aspirasi tentang apa-apa yang ingin didapati sebagai  upaya untuk membangun daerah secara ideal dan memenuhi harapan masyarakatnya.

Hal tersebut juga dilakukan anggota DPRD Dumai dalam kurun waktu tahun 2017 yang akan berakhir ini. 

Sejumlah isu-isu terbaru tentang pembangunan Dumai disampaikan sebagai bentuk dari pertanggung jawaban wakil kepada rakyat yang diwakilinya. 

Begitu pun rakyat yng diwakili, menyampaikan aspirasi untuk lebih menguatkan, atau mengingatkan apa-apa yang belum terealisasi secara ideal sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. 

Berbagai cara dilakukan anggota DPRD Dumai. Berikut catatan yang berhasil dihimpun dalam perjalanan tugas sebagai legislator. 

Gusri Effendi 

Ketua DPRD Dumai Gusri Effendy melaksanakan kegiatan reses di Jalan Baru Kelurahan Bintan, Senin (14/8/17) malam. 

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) turun langsung ke tengah amsyarakat pemilihnya guna menampung aspirasi.

Menurutnya, bahwa aspirasi yang disampaikan masyarakat akan ditindaklanjuti dan diusulkan dalam pembahasan rancangan kerja pemerintah dan melalui musrembang. 

"Saya meminta kepada masyarakat untuk bersama membantu program pemerintah untuk ditindaklanjuti dan diawasi di lembaga perwakilan rakyat. Regulasi dalam pengusulan kegiatan ini harus dimasukkan dalam rencana kerja OPD, jika dibelakangan akan menjadi temuan hukum," ungkapnya. 

Pada kesempatan itu, Perwakilan  RT Kelurahan Bintan, Tanjung mengatakan bahwa dari RT 14 hingga 17 minim penerangan jalan, hal itu mengganggu aktifitas warga. 

"Saya mewakili beberapa RT di Kelurahan Bintan untuk penerangan jalan karena ini sangat dibutuhkan warga, apabila malam warga sangat sulit melakukan aktifitas diluar," kata Tanjung tokoh masyarakat Bintan itu. 

Warga juga mengeluhkan persoalan banjir. Mereka pun mengusulkan agar pemerintah membangun drainase untuk mencegah air masuk ke dalam perumahan warga. 

Kondisi ini sangat mengganggu ketenangan warga, khususnya bila musim penghujan tiba. 

Atas masukan itu, Gusri Effendi yang biasa disapa Andi Gusri itu berjanji seluruh aspirasi masyarakat akan diusulkan dan di utamakan kegiatan program prioritas. 

"Untuk masalah banjir sudah program pemerintah hal ini terus saya gesa dalam pembahasan APBD 2018 dan untuk penerangan jalan saya prioritaskan dan tidak hanya RT 14 hingga 17 tetapi satu keluraham Bintan akan dilakukan penerangan jalan,"  kata dia.


Idrus

Wakil Ketua DPRD Dumai Idrus menemui masyarakat di dua kelurahan yakni Kelurahan Bintan dan Kelurahan Dumai Kota, Kecamatan Dumai Kota, Kamis (14/12/17).

Wakil Ketua DPRD Dumai, Idrus saat reses

Pertemuan pertama dilakukan Wakil Ketua DPRD Dumai ini di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Dumai Kota. 

Idrus pada kesempatan itu selain memberi paparan tentang pelaksanaan pembangunan dan program yang sudah dilaksanakan juga memberikan santunan kepada masyarakat kurang mampu berupa sembako. 

Sementara masyarakat, menyampaikan aspirasinya, salah satu yang paling umum adalah harapan agar pemerintah membuat saluran drainase di sekitar pemukiman tersebut agar tidak terlihat layaknya pemukiman kumuh.

Mendapat aspirasi seperti itu, Idrus tidak banyak menebar janji muluk-muluk. Idrus pun mencatat masukan tersebut dan berjanji akan memperjuangkannya. 

"Kegiatan ini intinya adalah silaturahmi. Namun, apa yang menjadi aspirasi ini saya catat dan diusulkan untuk diperjuangkan melalui DPRD,'' ungkap dia. 

Idrus juga melakukan pertemuan dengan masyarakatnya di RT 02 Kelurahan Bintan. Di lokasi ini Idrus juga memberikan sembako kepada masyarakat. 

Pria ramah ini tak datang kosong, dia membawa perwakilan pemerintah dari Dinas Kesehatan, Dinas Perkim, Camat dan Lurah. 

Pada pertemuan ini, Idrus berharap semuanya, mendengarkan aspirasi masyarakat dan sama-sama memperjuangkannya.

Dalam kesempatan itu, Idrus juga sedikit bernostalgia kalau dia pernah dibesarkan di kawasan tersebut.

"Saya dilahirkan dan dibesarkan di RT02. Jadi saya bukan orang luar, saya adalah warga disini. Apa yang menjadi persoalan disini saya sudah membawakan juru kuncinya yaitu Dinas Perkim dan Kesehatan," ucapnya. 

"Ini saya bawa obatnya untuk mengatasi permasalahan di daerah ini, apa yang disampaikan bakal kita wujudkan bersama," ucapnya. 


Petria Nespita 

Legislator Gerendra ini secara intens melakukan reses dan menjemput aspirasi di daerah pemilihannya.

Salah satunya adalah saat berkunjung ke daerah pemilihan (Dapil) Bukit Kapur-Sungai Sembilan.

Wanita berdarah minang ini cukup dikenal keramahannya, bukan karena sebagai anggota DPRD Dumai untuk mencari simpati masyarakat. Namun, rasa tolong menolong untuk membantu sesama telah dilakukan sebelum dirinya terpilih menjadi wakil rakyat.

Usai melaksanakan kegiatan penting itu, Petria persiapkan diri untuk melakukan roadshow lintas kampung. 

Keluh kesah masyarakat ditampung, berkaitan pembangunan daerah tempat mereka tinggal. Pembangunan menjadi prioritas karena berdampak pada faktor ekonomi masyarakat.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, mulai kegiatan upacara dilaksanakan di kawasan perkampungan berjarak 15 kilometer dari pusat kota tersebut dan melibatkan masyarakat biasa dengan meriah karena sifat gotong royong yang masih terjaga.

Ahmad Zamri saat menemui konstituennya.

Ahmad Zamri

Anggota DPRD Kota Dumai dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Zamri melakukan reses kesejumlah titik di daerah pemilihannya.

“Kegiatan ini, bentuk kepedulian kita untuk langsung mendekatkan diri kepada masyarakat. Dan dengan cara seperti inilah, bisa tahu keluhan, kekurangan dan kelebihan hasil pembangunan yang dilakukan selama ini,” ungkap anggota DPRD berpenampilan santai ini dan selaku akrab dengan siapa pun.

Sejumlah kegiatan pun  dilakukan Ahmad Zamri di Daerah Pemilihan Dumai Barat-Dumai Selatan, seperti wirid pengajian, bakti sosial, gotong royong bersama, bermain dan belajar kompang bersama dan sejumlah kegiatan lainnya.

Bagi anggota DPRD yang kini duduk di Komisi III ini, sebagai anggota dewan maka harus selalu siap untuk menemui masyarakat. Terutama untuk Daerah Pemilihan ( Dapil) Dumai Barat-Dumai Selatan yang menjadi basisi suara pemilihnya.

“Dari langsung menemui masyarakat pemilih maka kita pun bisa tahu. Apa yang harus dikerjakan sehingga setiap program pembangunan yang dilakukan pemerintah bisa dirasakan langsung dan tidak menjadi program yang mubazir dan tidak tepat sasaran,” jelasnya.

Apalagi program pembangunan yang bersifat dasar seperti jalan, jembatan, air bersih, kesehatan dan lainnya. Sebagai anggota DPRD, tentu berharap program ini tepat sasaran dan bermanfaat.

“Dengan seperti ini, masyarakat akan lebih terbantu. Dan pemerintah pun akan terbantu dengan apa yang diprogramkan sebagai visi dan misi pembangunannya,” kata dia.

Johannes Tetelepta saat reses di tengah konstituennya.

Johannes Tetelepta

Johannes Tetelepta adalah anggota DPRD yang cukup concern memperjuangkan aspirasi masyarakat di wilayah pemilihannya. 

Bahkan, pria yang satu ini tak segan-segan langsung mengkomunikasikan apa yang menjadi aspirasi rakyat di daerah pemilihannya.

Seperti yang dilakukannya pada Jumat (8/12/2017) malam lalu.  Di tengah hujan deras disertai petir, Johannes tiba di  RT 01 Kelurahan Bumi Ayu, Kecamatan Dumai Selatan.

Cuaca dingin malam itu menjadi hangat dan sangat bersahabat ketika pria berkulit sawo matang itu tiba. Suasana tersebut tentu saja terbangun karena ternyata, kedatangan anggota DPRD Dumai dari Fraksi Gerindra ini memang sangat dinantikan.  

 
"Walau pun hujan cukup deras, saya lihat masyarakat sangat semangat hadir pada acara reses ini, hal itu lah yang membuat saya sangat terharu," ujar pria yang biasa disapa Achi itu. 
 
Dalam kesempatan itu Achi membawa  bantuan langsung berupa dana untuk mushola di lingkungan setempat serta beberapa tiang lampu untuk penerangan jalan.
 
Achi menyampaikan hasil serapan aspirasi warga yang ditampung dan diperjuangkannya beberapa waktu yang lalu. 
 
"Hasil aspirasi yang saya sampaikan ini merupakan serapan aspirasi tempo hari dari masyarakat. Insya Allah saat ini juga akan terealisasi di tahun berikutnya," jelas  dia.
 
Dia berharap, apapun yang menjadi aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya untuk tidak sungkan-sungkan disampaikan dan pihaknya siap untuk memperjuangkan aspirasi tersebut.

 

Ahmad Efendi

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai, dr Ahmad Effendi melakukan reses di Dapil I di Kelurahan Sukajadi.

dr Ahmad Effendi saat bertemu masyarakat di dapilnya.

Pada kesempatan itu, dr Ahmad effendi menampung aspirasi  masyarakat yang umumnya upaya untuk menangani banjir pada saat pasang rob air laut. 

Mereka juga mengeluhkan perihal genangan air saat musim penghujan yang sudah berlangsung semenjak lama. 

Warga yang menjadi konstituen Ahmad Efendi ini mengungkapkan salah satu penyebab banjir itu adalah drainase yang tidak berfungsi. 

Cukup banyak aspirasi yang disampaikan warga setempat kepada Ahmad Effendi, diantaranya tempat pembuangan sampah sementara dan tiang listrik untuk penerangan jalan serta bantuan modal usaha bagi UMKM.

Politisi PAN itu juga membantu pengembangan kreativitas pemuda berupaya  bantuan modal usaha bagi pemuda, di RT 16 Kel Rimba Sekampung.

Warga setempat, seperti diungkapkan Ahmad Effendi juga mengharapkan dukungan  Pemko untuk pembangunan Masjid Al Falah dan TPA serta peningkatan kesejahteraan bagi guru masdrasah, gharim dan tenaga pengajar agam (**Parlementaria/DPRD Dumai**)


 
 

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA