Loading...

Bulan Menanam Nasional, Gubri Hadir di Kuansing

TELUK KUANTAN (RIAUAIR.COM) - Dengan mengusung tema "kerja Bersama Makmurkan Rakyat Lestarikan Alam", Pemerintah Provinsi Riau melakukan aksi tanam serentak di desa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Selasa (12/12/2017).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubenur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.Sementara dari Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi juga dihadiri langsung oleh Bupati Kuantan Singingi, Mursini, Wakil Bupati, Halim, Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing.

Dalam sambutannya Gubenur Riau, Andi Rahman mengatakan bahwa saat ini pemanasan global sudah menjadi ancaman serius bagi seluruh dunia.

Loading...

Ini menurut Andi Rahman terjadi disebabkan oleh aktifitas manusia, terutama akibat penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terkendali dan berkurangnya luasan hutan alam sehingga berkurang pula penyerap zat Co2 di udara.

Indonesia sebut Andi Rahman memiliki hutan tropis terbesar ketiga di dunia yaitu sekitar 138 hektar sehingga hutan Indonesia dianggap salah satu sebagai paru-paru dunia. 

Namun seiring berjalannya waktu setiap tahunnya hutan di Indonesia telah terjadi deforestasi sebesar 1,17 juta hektar sehingga dianggap turut andil sebagai penyebab terjadinya peningkatan suhu bumi atau pemanasan global (global Warming).

Oleh sebab itu, salah satu tujuan aksi tanam serentak dan penghijauan konversi alam Riau tahun 2017 ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan keikutsertaan seluruh elemen bangsa untuk mencintai lingkungannya.Andi Rahman berharap, kegiatan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan guna mengurangi dampak pemanasan global tersebut serta dapat mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor.

Sementara itu, Bupati Mursini menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi Riau dengan dipilihnya Kabupaten Kuansing sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara aksi menanam pohon serentak tingkat provinsi Riau ini.

"Bersama Pemprov Riau, Pemkab Kuansing sangat komit dalam melaksanakan program seperti ini agar lingkungan alam kita tetap terjaga," ujar Mursini.

Pada acara tersebut, Gubenur Riau, Andi Rahman menyerahkan 5.500 batang tanaman buah-buahan untuk pekarangan kepada masyarakat. Kemudian juga diberikan tanaman buah-buahan sebanyak 27,634 batang untuk masyarakat sejenis multi purpose tree species (MPTS).

Saat menyerahkan tanaman tersebut, Andi Rahman berharap agar segera ditanam langsung oleh masyarakat sehingga lahan terbuka didaerah ini menjadi berkurang dan bumi semakin hijau. Diakhir acara pembukaan tersebut, Andi Rahman bersama Pemkab Kuansing melakukan penanaman secara simbolis. (R12/Mcr)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]