Gubri Tinjau Lintas Lipatkain-Lubuk Bigau, Begini Kondisinya

Print

Gubernur Riau meninjau kondisi jalan di kampar Kiri Hulu di Muara Selaya.

Gubernur Riau meninjau kondisi jalan di kampar Kiri Hulu di Muara Selaya.

LIPATKAIN (RIAUAIR.COM) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman tinjau jalan lintas Lipat Kain - Lubuk Agung sampai Muara Selaya, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. 

Usai meninjau, orang nomor satu di Riau ini janji dua titik jalan parah di jalan lintas ini akan segera fungsional.

"Ini segera kita perbaiki. Kita ingin bagaimana mobilisasi barang dan manusia segera bisa lancar," kata Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman ini, Senin (4/12/17).

Secara umum, kondisi jalan di jalan lintas Lipat Kain - Lubuk Agung sampai Muara Selaya sudah dibeton dan diaspal. Sebagian lagi sudah dalam keadaan fungsional. Ada pun dua titik jalan rusak salah satunya di Sungai Raja, sudah disiagakan alat berat untuk dilakukan perbaikan.

"Kita sudah menempatkan dua alat berat. Mudah-mudahan segera jalannya difungsikan, khususnya dua titik ini. Sebagian besarkan sudah fungsional, beton bahkan tadi jalan yang beraspal panjang sekali," ungkap Andi.

Menurut Andi, saat ini jalan lintas alternatif yang menghubungkan Riau - Sumatera Barat via Lipat Kain ini adalah tanggung jawab Pemerintah Provinsi Riau. 

Walau pun tahun depan tidak ada dianggarkan, namun mantan anggota DPR RI ini janji 2019, akan beton.

Bahkan Andi ingin, jalan Muara Selaya menuju Lubuk Bigau diperlebar untuk mendukung destinasi wisata air terjun tertinggi di Sumatera yang ada di daerah tersebut.

"Memang 2018 kita tak menganggarkan daerah ini. Tapi 2019 kita coba rigid (beton) di sekitar jalan rusak itu. Kemudian jalan di Muara Selaya akan diperlebar, agar bisa menjadi rute alternatif Riau selatan menuju Sumbar," jelas Andi.

"Selain itu, ini juga sekaligus menjadi bisa jadi pendukung akses jalan mendukung wisata air terjun tertinggi di Sumatera, air terjun Lubuk Bigau," ujar Andi lagi. (R06/Mcr)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA