Loading...

Banyak Jembatan Rusak Dihantam Banjir, Bupati HM Harris Minta Perusahaan Bantu Perbaikan

Pangkalankerinci, RIAUAIR.COM- Pasca banjir yang menghancurkan beberapa akses jembatan di wilayah Kabupaten Pelalawan. Pemkab Pelalawan bergerak cepat untuk membangun kembali beberapa akses jembatan yang putus dihantam banjir. Diantara langkah strategis yang ditempuh adalah mengumpulkan perusahaan.

Informasi ini sampaikan Ir M Syahrul Syarif Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Pelalawan, Kamis 5 Oktober 2017 usai memimpin pertemuan  bersama perusahan di kantor Bappeda.

"Pertemuan ini merupakan perintah lansung dari HM Harris Bupati Pelalawan. Bupati pingin secepatnya jembatan yang menjadi urat nadi ekonomi masyarakat ini cepat dibangun," ucap Kaban Bappeda ini.

Loading...

Sementara itu sambung Ir M Syahrul Syarif, terkait kemampuan daerah akibat banyak anggaran yang pangkas pemerintah pusat. Bupati telah memberikan petunjuk agar melibatkan perusahaan dalam mengatasi kondisi ini.

"Tentunya Pemda Pelalawan sebagai motor. Kita berkolaborasi dengan masyarakat dan dunia usaha dalam melakukan penanganan sementara untuk pengembalian fungsi infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak akibat banjir beberapa hari lalu,"jelasnya

Ia menambahkan,  setidaknya ada 5 titik penanganan yang sedang dan akan dilaksanakan, yakni perbaikan jalan penghubung desa Lubuk Mas, perbaikan jembatan di desa Palas, perbaikan jembatan di desa Sialang indah, perbaikan jembatan di desa Dundangan dan perbaikan jembatan di desa Tolam.

Sementara berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk membangun beberapa jembatan ini, Ia belum bisa memastikan.

"Ya, terkait besaran anggaran belum kita ketahui, yang jelas pihak Dinas Pekerjaan Umum tengah menghitung. Jadi sambil menunggu, kita lakukan langkah sesuai instruksi bupati dengan mengumpulkan perusahaan yang bersentuhan lansung dengan akses-akses jalan dan jembatan tersebut," tuturnya.

Pada pertemuan ini, mereka yang hadir dari PT RAPP, PT Ade, PT SAU, PT Safari Riau, PT Bratasena dan PT Arara Abadi, pada dasarnya mereka komit membantu membangun beberapa jembatan ini.

Terpisah, Kadis PU Ir Hasan Tua Tanjung yang dikonfirmasi beberapa waktu lalu, terkait langkah pembangunan mengatakan bahwa pembangunan kembali jembatan-jembatan tersebut akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

"Ya, tentu akan kita bangun, Namun perlu diingat kita punya keterbatasan anggaran. Yang jelas saat ini kita tengah lakukan penghitungan besaran anggaran. Untuk langkah cepat, khusus jembatan yang terbuat dari kayu, PU hanya bisa memberikan biaya pekerjaan. Sebab PU tidak dibenarkan membeli kayu untuk bahan bangunan. Nah saat ini masih kita hitung total biaya secara keseluruhan," tutupnya. (R09)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]