Makan Ayam, Beras dan Gula, Beruang-beruang Liar Ini Ancam Masyarakat Rohil

Print

Ilustrasi

Ilustrasi

Bagansiapiapi, RiauAir.com - Sepekan terakhir ini warga RT 01 RW 08, Dusun III Desa Bukit Selamat, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rohil, Riau diresahkan dengan kedatangan rombongan beruang yang berjumlah 5 ekor.
 
Dari lima ekor beruang tersebut, 2 diantaranya induk beruang dan 3 anak beruang. Tidak hanya penampakan saja, rombongan keluarga beruang ini juga ikut memakan ternak warga.
 
"Sejak Sabtu lalu penampakan beruang ini sudah sangat dekat dengan pemukiman. Warga melihat langsung rombongan beruang ini dari jarak dekat," kata Nurjaman, salah seorang staf Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.
 
Banyaknya laporan warga tersebut yang masuk ke BBKSDA Riau, kata Nurjaman, sejumlah staf BBKSDA Riau juga turun melakukan penyisiran dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat, mengenai cara mengusir rombongan beruang tersebut.
 
"Tadi pagi aja 10 ekor ayam habis disantap rombongan beruang itu. Sejumlah pondok atau rumah juga dimasukinya untuk mengambil beras dan gula. Beruang ini tak ubahnya seperti gajah," kata Nurjaman.
 
Selain rombongan 5 ekor beruang liar yang hampir satu bulan menghantui warga RT 01 RW 08, Dusun III Desa Bukit Selamat, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rohil, Riau, masih ada lagi rombongan beruang liar lainnya yang juga berkeliaran di Dusun tersebut.
 
"Saya rasa lebihlah dari 5 ekor, yang lima itu saja satu kelompok, tambah lagi diwaktu yang bersamaan ada warga yang melihat 2 ekor lagi ditempat lain. Kalau yang lima ekor ini, jantan dan betina dewasa ditambah 3 ekor anaknya, sementara yang 2 ekor lainnya ditempat yang berbeda beruang dewasa juga," kata Ketua RT 01 RW 08, Dusun III Desa Bukit Selamat, Sugito. (R-01/Grc)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA