Loading...

Pemkab Inhu Bentuk Forum Konsultasi Publik

Yopi Arianto

Rengat, RiauAir.com - Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Kabupaten Inhu menggelar Forum Konsultasi Publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Inhu tahun 2016-2021.
 
Forum ini merupakan upaya untuk memperoleh masukan serta saran dari seluruh komponen masyarakat dalam upaya mengoptimalkan perencanaan pembangunan sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Inhu.
 
Sesuai amanat undang-undang, RPJMD sudah harus disahkan dalam bentuk peraturan daerah paling lambat enam bulan sejak pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih.
 
Hadir pada forum konsultasi publik tersebut Bupati Inhu H Yopi Arianto, Wakil Bupati Inhu H Khairizal, anggota Forkopimda, Ketua DPRD Inhu Miswanto berserta sejumlah anggota DPRD Inhu, Sekda Inhu H Agus Rianto, pimpinan instansi vertikal di Kabupaten Inhu, pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Inhu, camat, kepala desa, tokoh masyarakat, ormas serta tenaga ahli dari Universitas Riau.
 
Seperti diketahui, visi dan misi Bupati serta Wakil Bupati Inhu adalah mewujudkan Indragiri Hulu yang lebih sejahtera 2021. Visi ini dituangkan dalam 7 misi utama diantaranya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui peningkatan sumber daya aparatur dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, meningkatkan pengawasan dalam tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.
 
Meningkatkan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat, meningkatkan pemerataan ketersediaan infrastruktur fasilitas umum dan fasilitas sosial, meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang bertujuan untuk memperluas lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan sosial serta memperkuat daya saing daerah, meningkatkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta meningkatkan keharmonisan bermasyarakat tanpa membedakan suku, agama dan profesi.
 
Bupati Inhu H Yopi Arianto mengungkapkan bahwa forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan RPJMD ini diselenggarakan tepat tiga bulan masa kepemimpinanya bersama Wakil Bupati Inhu H Khairizal.
 
Ia berharap seluruh element masyarakat memberikan masukan serta saran melalui forum konsultasi publik ini sehingga menghasilkan arah kebijakan pembangunan yang sesuai dengan visi serta visinya sebagai Bupati Inhu.
 
“Saya tidak ingin kegiatan ini hanya seremonial saja. Karena itu, saya minta semua komponen masyarakat serius dan memberikan masukan yang benar, sebab RPJMD ini akan dijadikan dasar melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai visi dan misi saya bersama Wakil Bupati Inhu saat pemilihan lalu,” ujarnya.
 
Bupati H Yopi Arianto menambahkan, setelah disahkan melalui Perda, seluruh pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Inhu harus mengacu dan berpedoman pada RPJMD, termasuk hasil reses anggota DPRD Inhu.
 
Sehingga alokasi anggaran yang dikucurkan pemerintah tepat sasaran dan pemerataan pembangunan dapat tercapai. “Saya punya tanggung jawab yang besar dalam penyusunan RPJMD ini,” tegasnya. (R-01/Mcr)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]