Meski Aman, Namun Kata BMKG, Daerah-daerah di Riau Ini Tetap Berpotensi Gempa dan Tsunami, Kok Bisa?

Print

BMKG

BMKG

Pekanbaru, RiauAir.com - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat, Dr Daryono mengatakan, wilayah barat Provinsi Riau memiliki risiko tinggi gempa bumi. Meski begitu, potensi gempa bumi masih terlalu sedikit.
 
"Aktivitas gempa bumi di Riau sedikit, namun ada. Kalau dilihat di Sumatera, bukit barisan salah satu potensi gempa daratan, khususnya Riau bagian timur seperti Kampar, Kuantan Singingi dan Rokan Hulu," kata Daryono di Pekanbaru belum lama ini.
 
BMKG mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di wilayah barat Riau untuk mendirikan rumah yang kokoh. Sebab rumah yang tak kokoh akan rentan terhadap kerusakan jika terjadi gempa bumi. Tak hanya itu, potensi gempa bumi juga bisa menyebabkan longsor yang menimbulkan korban jiwa.
 
Sementara itu, wilayah Riau bagian timur, kata Daryono adalah Kabupaten Siak, Pekanbaru, Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Pelalawan.
 
Di samping itu, Daryono menyebutkan wilayah pesisir timur Riau juga memiliki potensi tsunami. Begitu juga Batam Kepulauan Riau. Namun sebagai antisipasi untuk mengetahui bencana alam di Riau seperti gempa bumi dan tsunami BMKG telah memasang dua alat sesor bencana di Provinsi Riau.
 
"Kita ada pasang alat pendeteksi gempa di Riau, itu kita letakan di Bangkinang (Kampar) dan Rengat (Indragiri Hulu). Jadi dengan adanya alat ini, 5 menit sebelum bencana kita sudah mengetahui. Dengan begitu kita bisa lebih menginformasikan kepada masyarakat," ujarnya. (R-01)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA