Ini Penyebabnya Pipa Gas Milik PT Chevron di Duri Meledak

Print

Duri, RiauAir.com - Pengemudi di Jalan Lintas Duri-Pekanbaru, Simpang Intan, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau, dikejutkan dengan ledakan pipa milik PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) sekitar pukul 06.22 WIB.
 
Adapun Pipa yang meledak tersebut merupakan pipa aliran gas. Ukuran pipa yang meledak sekitar 12 inchi. Tidak hanya pipa gas yang meledak Chevron yang meledak, tapi kawat listrik 115 kv.
 
"Kita tidak tahu penyebabnya apa. Karena tiba sudah ada api yang dipipa (PT Chevron Pasifik Indonesia, red) itu," ujar Alizar warga Perawang yang sedang melintas dari Kota Duri seperti dimuat Goriau.
 
Sementara menurut Kepolisian Sektor (Polsek) Pinggir, truk cpo dengan nomor polisi (nopol) B 9488 GG kehilangan kendali saat pendakian. Sehingga truk pun berjalan mundur dan menabrak pipa gas tersebut.
 
"Korban jiwa pada kebakaran pipa gas milik Chevron ini tidak ada. Pengemudi truk dan keneknya melarikan diri setelah kejadian tersebut. Saat ini personil (Polsek Pinggir, red) kita, masih melakukan pengamanan untuk mengurai kemacetan dan kemananan di tkp," ujar Kapolsek Pinggir, Kompol Raden Edi.
 
Ia menjelaskan, kejadian truk menabrak pipa gas milik Chevron itu, sekitar pukul 04.30 WIB. Sekitar pukul 08.15 WIB, api dapat dipadamkan dan saat ini masih berlangsung perbaikan pipa gas oleh PT Chevron Pasifik Indonesia.
 
"Sekitar pukul 05.40 WIB, 4 unit pemadam kebakaran dari Chevron diturunkan untuk pemadaman," tutup Kompol Raden Edi.
 
Akibat meledaknya pipa gas berwarna kuning dengan ukuran 12 inchi milik PT Chevron Pasifik Indonesia di Jalan Lintas Duri-Pekanbaru kilometer 100, arus lalu lintas menjadi tersendat. Untuk mengurai antrian panjang kendaraan yang melintasi jalan tersebut, pihak kepolisian dari Polsek Pinggir dan Sat Lantas Polres Bengkalis memberlakukan buk- tutup jalan.
 
"Memang saat kejadian arus lalu lintas, baik dari Kota Duri maupun dari Kota Pekanbaru sempat terhenti selama beberapa jam. Akibatnya kendaraan besar dan kecil dari kedua arah pun mengular," ulas Kapolsek Pinggir Raden Edi. (R-01/Grc)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA