Jelang 'Final' La Liga Spanyol, Siapa Juara, Barcelona atau Real Madrid?

Print

Jakarta, RiauAir.com - Barcelona sudah menjalani 60 laga kompetitif musim ini, sedikit lebih banyak dibanding Real Madrid. Setelah puluhan ribu menit, keduanya akan menjalani laga terakhir yang sekaliugus jadi penentu gelar juara.
 
Sabtu (14/5/2016) besok Barcelona dan Madrid akan menjalani pertandingan pamungkasnya musim ini. Cuma terpaut satu angka di puncak klasemen, laga tersebut akan jadi penentu siapa yang bakal jadi juara La Liga Primera 2015/2016.
 
The Catalans dalam posisi lebih diuntungkan karena berada berada di puncak klasemen dan punya keunggulan head to head plus lebih baik dalam selisih gol. Kemenangan atas Granada akan memastikan Barca meraih titelnya yang ke-24.
 
Nasib Madrid ada di tangah Barca. Bahkan kemenangan dengan puluhan golpun tidak akan memberi pengaruh apapun jika Lionel Messi dkk juga dapat poin penuh. Tapi sebagaimana ditunjukkan di Liga Champions, El Real akan menunjukkan semangat juang tinggi untuk menjaga kans juara mereka tetap terbuka saat bertamu ke Deportivo La Coruna.
 
Terlepas dari antusiasme kedua klub menjelang laga pamungkas tersebut, pemain kedua tim sudah berada dalam kondisi sangat lelah. Jika ditotal sejak awal musim, Barcelona telah menjalani 60 pertandingan kompetitif. Sementara El Real melakoni 50 pertandingan resmi di semua kompetisi.
 
Dari laga-laga tersebut, seluruh penggawa Barcelona total sudah bermain selama 58.356 menit. Sementara skuat Madrid bermain selama 49.206 menit. Jadwal pertandingan yang padat dan tuntutan tinggi untuk selalu tampil dalam kondisi terbaik membuat cedera banyak mendatangi pemain.
 
Depan - BBC (Garet Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo) seluruhnya sudah mengalami cedera di musim ini. Ronaldo tercatat tiga kali absen di seluruh kompetisi musim ini, Bale absen di 17 pertandingan lantara cedera, sementara Benzema absen 15 kali akibat berbagai masalah cedera. Jika ditotal, BBC bermain 8.740 menit.
 
Sementara itu MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar) total tampil di 12.862 menit musim ini. Meski tercatat tidak mengalami cedera, Luis Suarez enam kali tidak dimainkan Luis Enrique musim ini, sementara Messi tercatat 12 kali tidak dimainkan karena cedera dan sekali tidak dimasukkan dalam skuat. Neymar tidak tampil di 11 pertandingan Barcelona karena berbagai alasan, mulai dari cedera (7), larangan bertanding karena akumulasi kartu (1) dan tidak masuk skuat (1) serta tak dimainkan meski berada di bench (1).
 
Tengah - Sergio Busquets dan Javier Mascherano menjadi pemain tengah dengan menit bermain paling banyak sejauh ini - di mana mereka jadi satu-satunya pemain Barcelona yang mencapai 4.000 menit bermain. Gelandang Barcelona lainnya yang punya menit bermain paling banyak adalah Ivan Rakitic dan Andres Iniesta.
 
Dari kubu Madrid, Luka Modric dan Toni Kroos menjadi gelandang dengan jumlah menit bermain paling banyak, yakni masing-masing 3.608 menit dan 3.320 menit. 
 
Belakang - Marcelo jadi pemain belakang Madrid dengan jumlah menit bermain paling banyak yakni 3.173 menit, di belakangnya ada Sergio Ramos, Pepe dan Raphael Varane yang kerap dirotasi untuk mengawali jantung pertahanan.
 
Sementara di Barcelona, dengan komposisi empat pemain belakang tak banyak berubah, Mascherano, Pique, Alba dan Alves menjadi pemain dengan jumlah menit bermain paling banyak.
 
Penjaga Gawang - Jika Claudio Bravo dan Ter Stegen bergantian mengawal gawang Barcelona di beberapa kompetisi yang diikuti, di Madrid Navas menjadi pilihan utama yang membuat Kiko Casilla banyak duduk di bangku cadangan. (R-01/Dtc)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA