Komit Dukung Nusantara Sehat, Kemenkes dan Pemkab Rohul Teken MoU

Print

Sukiman

Sukiman

Jakarta, riauair.com - Melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama, antara Kementerian kesehatan Republik Indonesia dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, pada Rabu (11/5) bertempat di hotel Royal Kuningan Jakarta, kedua belah pihak sepakat untuk komitmen mendukung program Nusantara Sehat Periode 2016-2018. 
 
Penandatangan itu dari Kemenkes dilakukan oleh Jendral Kementrian Kesehatan, dr. Untung Suseno Sutardjo, M.Kes dan dari Pemkab Rohul yakni Wakil Bupati H. Sukiman. Kesepakatan itu mengenai penyelenggaraan penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim (Team Based) dalam mendukung program nusantara suhat. 
 
Program Nusantara sehat adalah pendayagunaan secara Khusus Tenaga Kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan dan daerah bermasalah kesehatan. 
 
Dasar hukum Permenkes no 23 tahun 2015 tentang penugasan Khusus Tenaga kesehatan Berbasis Tim (team Based) dalam mendukung program Nusantara Sehat Tujuan Nusantara Sehat adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk menjangkau remote area, menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan ,
 
Menangani masalah kesehatan sesuai kebutuhan daerah, meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas, penggerakan pemberdayaan masyarakat, pelayanan terintegrasi serta peningkatan dan pemerataan pelayanan, hal ini bersinergi dengan fungsi Puskesmas sebagai pusat penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) tingkat pertama dan penyelenggaraan Upaya Kesehatan perorangan (UKP )tingkat pertama. 
 
Rekrutment dan seleksi Tim Nusantara Sehat telah dilaksanakan oleh Kemenkes RI melalui pendaftaran online diwww.nusantarasehat.kemkes.go.id .Pada bulan Januari tahun 2016 untuk menjaring tenaga kesehatan yg berkualitas dan berkompeten yg berminat untuk mengikuti program Nusantara Sehat. (R-01/Mcr)

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

BERITA SEBELUMNYA