Loading...

Oala...Di Pekanbaru Masih Ditemukan Kasus Gizi Buruk

drg Helda S Munir

Pekanbaru, riauair.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda S Munir mengatakan sejauh ini kota Pekanbaru masih ada masih ditemukan gizi buruk. Namun hal tersebut hanya sedikit. 
 
Di awal tahun 2016 ini ada beberapa orang ditemukan penderita gizi buruk. Dan kebanyakan penderita gizi buruk berasal dari wilayah Perbatasan Pekanbaru.
 
Dikatakannya, para penderita gizi buruk disebabkan sulitnya mendapatkan makanan bergizi yang cukup. Itu dikarenakan kondisi perekonomian keluarga amat begitu sulit. Faktor ekonomi yang sulit itulah menjadi pemicu terjadinya penderita gizi buruk.
 
"Masyarakat yang sulit mendapatkan nafkah hidup kerap mengalami penderita gizi buruk. Dan itu, banyak terdapat di wilayah pinggiran," ungkap Helda, pada Rabu (11/5/2016).
 
Dinas Kesehatan terus lakukan berbagai antisipasi supaya penderita gizi buruk dapat berkurang bahkan hilang di Pekanbaru. Upaya tersebut dengan melahirkan generasi cukup gizi, baik ketika dalam kandungan maupun setelah dilahirkan. Dan memberikan asupan gizi yang cukup, ungkapnya.
 
Sementara penanganan yang diberikan pada penderita gizi buruk dengan memberikan makanan bergizi sebagai stimulus. Seperti susu dan lainnya. Dan itu di berikan hingga tiga bulan. 
 
"Setelah itu tergantung seperti apa pihak keluarga memberikan asupan gizi," jelasnya. 
 
Helda juga menghimbau masyarakat, jika di temukan indikasi gizi buruk, untuk dapat segera melaporkan atau membawa ke puskesmas terdekat guna mendapatkan penanganan awal.
 
"Penanganan awal penting sebelum dirujuk ke rumah sakit," tutupnya. (R-01)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]