Loading...

Dilantik Presiden Joko Widodo, Wan Thamrin Hasyim Resmi Menjadi Wakil Gubernur Riau

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman foto bersama Wakil Gubernur Wan Thamrin Hasyim di Istana Negara selepas pelantikan.


Jakarta, RIAUAIR.COM- H Wan Thamrin Hasyim resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur Riau (Wagubri) sisa masa jabatan 2014-2019.

Mantan Bupati Rokan Hilir ini sah mendampingi Arsyadjuliandi Rachman  setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (12/5/2017).

Prosesi pelantikan Wan Thamrin dilakukan bersamaan dengan pelantikan lima gubernur dan wakil Gubernur hasil Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 lalu.

Dari pantauaan, pelaksanaan pelantikan baru dimulai  sekitar pukul 15.30 Wib yang ditandai dengan kirab atau berjalan bersama Presiden dan Wapres dari halaman Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang pelantikan pejabat gubernur dan wakil gubernur dan  pengucapan sumpah jabatan.

Wan Thamrin hasyim adalah satu-satunya wakil Gubernur yang dilantik bersamaan dengan dilantiknya sejumlah kepala daerah hasil Pilkada serentak.


Setelah  itu, seluruh gubernur dan wakil gubernur ikut membacakan sumpah dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD tahun 1945," kata Presiden yang diikuti oleh Kepala Daerah yang dilantik.

Wan Thamrin selanjutnya melakukan  penandatangan berita acara pelantikan dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat.

Tampak menghadiri pelantikan di Istana Negara diantaranya Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Tampak hadir juga Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Setya Novanto, serta Ketua DPD Oesman Sapta.

Sementara dari Riau hadir Gubri H Arsyadjuliandi Rachman bersama istri dan sejumlah pejabat dan jajaran Forkopimda.


Berikut nama-nama yang dilantik oleh Presiden Jokowi:
1. Wahidin Halim-Andika Hazrumy (Banten)
2. Rusli Habibie-Idris Rahim (Gorontalo)
3. Ali Baal Masdar-Enny Anggraeni Anwar (Sulawesi Barat)
4. Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fatah (Bangka Belitung)
5. Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani (Papua Barat)
6. Wan Thamrin Hasyim (Wakil Gubernur Riau).

H Wagubri Wan Thamrin usai dilantik sebagai Wakil gubernur menyebutkan kalau dia siap membantu tugas-tugas Gubernur. Terutama di bidang sosial ekonomi.

 "Kan sudah ada aturan yang mengatur apa saja tugas-tugas seorang Wakil Gubernur itu. Intinya, saya membantu Gubernur untuk membangun daerah," ucapnya kepada sejumlah media.

Di tempat yang sama, Gubri H Arsyadjuliandi Rachman nampak lebih bersemangat menyambut kehadiran Wagubri. Ia berharap, kehadiran Wagubri dapat lebih mempercepat lagi derap pembangunan di Negeri Lancang Kuning.(CR1)



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]