Loading...

Ini Surat Mendagri Soal Rencana Pelantikan Wali Kota Pekanbaru dan Bupati Kampar

Surat rediogram mendagri tentang perintah pelantikan Wali kota dan Wakil Wali kota juga Bupati dan wakil bupati se indonesia.

Pekanbaru, RIAUAIR.COM- Rencana pelantikan Wali kota dan wakil Wali kota pekanbaru Firdaus-Ayat Cahyadi  serta Bupati dan Wakil Bupati kampar, Azis Zaenal-Catur Sugeng semakin pasti akan dilaksanakan pada 22 Mei 2017.

Hal tersebut seiring dengan beredarnya surat dari Menteri Dalam negeri (Mendagri)  bernomor 273/2222/SJ tentang jadwal pelantikan kepala daerah/wakil kepala daerah  serentak  hasil Pilkada Serentak 2017 yang lalu.

Dalam surat berbentuk radiogram itu disebutkan pada pasal AAA, bahwa Kepala Daerah dan wakil kepala daerah hasil pilkada Serentak 2017 dilantik secara serentak pada 22 Mei 2017.

Loading...

Selanjutnya pada Pasal BBB, disebutkan kalau pelantikan walikota/wakil walikota, bupati dan wakil bupati dilaksanakan oleh Gubernur dan dilaksanakan di ibu kota masing-masing provinsi.

Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, tertanggal 10 mei 2017 dengan kode perintah Sangat Segera. 

 

Meski tidak menyebutkan secara detail nama-nama calon bapati dan wali kota yang akan dilantik, namun dalam radiogram itu disebutkan pelantikan dilakukan untuk kepala daerah dan wakil kepala daerah yang beraksir masa jabatannya pada 16 Juli 2016 hingga Mei 2017.

Penjelasan surat tersebut juga sejalan dengan penjelasan Penjabat Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger kepada wartawan, Rabu (11/5/2017).

''Tanggalnya memang belum bisa kita konfirmasi, tapi perkiraannya, pada 22 Mei nanti akan ada pelantikan,'' kata Edwar Sanger. 

Untuk persiapannya, Edwar mengaku pihaknya sudah mempersiapkan, termasuk susunan panitia pelaksana upacara pelantikan dan lokasi tempat dimana dilaksanakan pelantikan. 


''Untuk tempatnya sebenarnya ada dua pilihan. tapi perkiraannya di Gelanggang Remaja pekanbaru di jalan Sudirman. pertimbangannya, tempatnya lebih luas, sehingga bisa disaksikan banyak pihak,'' kata dia. 

Sementara itu disinggung pakah poses pelantikan dilaksanakan serentak di satu tempat dengan Pilkada Kampar, Edwar menyebutkan pihaknya belum bisa menjelaskan. 

''Idealnya begitu. Kita usulkan di Gelanggang Remaja karena tempatnya besar, jadi bisa digunakan untuk pelantikan Wali Kota/wakil wali kota Pekanbaru dan Bupati/wakil bupati Kampar.



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]