Loading...

BREAKING NEWS: Ternyata Jumlah Napi yang Melarikan Diri dari Sialang Bungkuk Sebanyak 448 Orang

I Wayan Kusmiantha Dusak, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI.

Pekanbaru, RIAUAIR.COM-  Jumlah narapidana yang melarikan diri dari Rumah Tahanan Sialang Bungkuk ternyata bukan cuma 200-an orang. Totalnya mencapai 448 orang.

Penjelasan tentang jumlah nnapi yang melarikan diri tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmianta Dusak  setelah banyak pihak mempertanyakan perihal jumlah resmi napi yang melarikan diri.

Dikatakan I Wayan Kusmianta Dusak, ada 448 orang tahanan yang berhasil kabur pasca kericuhan di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru pada Jumat (5/5/2017) siang lalu saat konferensi pers yang dilaksanakan Sabtu (6/5/2017) sore tadi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 213 orang sudah berhasil diamankan aparat kepolisian dan berbagai pihak yang membantu. Sementarta sisanya, sebanyak 235 orang lainnya masih terus diburu oleh aparat kepolisian.

Dalam kesempatan itu, Wayan Dusak menyebutkan, secara keseluruhan, jumlah narapidana yang ada di Rutan Sialang Bungkuk memang over kapasitas. ''Disini ada 1.870 orang. Yang melarikan diri ketika kerusuhan 448 orang, 213 orang sudah berhasil ditangkap kembali. sedang sisanya, 235 masih berada di luar dan dalam proses pengejaran,'' kata diayang saat itu juga didampingi  Kakanwil Kemenkumham Riau Ferdinand Siagian dan Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto.

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan para napi untuk memeastikan tidak terjadi gejolak seperti yang berlangsung Jumat lalu. ''Sekarang sudah kondusif, sudah tidak ada riak lagi. Pihaknya juga sudah melakukan identifikasi terhadap permasalahn yang menjadi penyebab kerusuhan yang berbuntut jebolnya Rutan Sialang Bungkuk.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, sejumlaha aparat kepolisian masih terus bersiaga di Rutan Sialang Bungkuk. Puluhan anggota keluarga dari Napi pun telihat berada di sekitar lokasi rutan guna memastikan keberadaan anggota keluarga mereka.(R-07)
 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]