Loading...

Aneh, Sudah Dua Hari, Kanwil Kumham Belum Pastikan Jumlah dan Data Resmi Napi Melarikan Diri

Aparat kepolisian dari Brimobda Riau masih bersiaga di Rutan Sialang Bungkuk hingga siang ini.

Pekanbaru, RIAUAIR.COM- Upaya pengejaran terhadap Narapidana kabur dengan menjebol Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, Pekanbaru  masih terus dilakukan aparat kepolisian, TNI dan masyarakat.

Hingga pagi tadi, dilaporkan, tak kurang dari 194 orang narapidana sudah berhasil diamankan dari berbagai lokasi di dalam dan di luar Kota Pekanbaru.
 
Hanya saja, masih banyak keganjilan dalam standar operasional penanganan napi lepas yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau, karena, hingga saat ini, institusi tersebut tidak pernah mengeluarkan penjelasan resmi tentang jumlah dan identitas napi yang melarikan diri.
 
Sehinggam sampai saat ini, belum diketahui, siapa-siapa saja tahanan yang sudah berhasil ditangkap kembali dan mana yang masih berada bebas di luar tahanan.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak dalam penjelasannya kepada media di Jakarta hanya menjelaskan tentang duduk persoalan dan rencana evaluasi terhadap kinerja pengelolaan Lapas Kelas II di Pekanbaru, khususnya Rutan Sialang Bungkuk yang over kapasitas.
 
Sementara untuk pencarian para napi, sejauh ini hanya mendandalkan informasi dari masyarakat dan langkah yang dilakukan aparat kepolisian.
 
"Iya, dia (Karutan,red) yang bertanggungjawab, keamanan rutan itu ada di dia karena dia diberikan kewenangan untuk melakukan itu," ungkap Dusak saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (5/5/2017) malam.
 
Dusak menyebut Kepala Rutan Pekanbaru saat ini bernama Taufik. Nantinya Kelapa Rutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan mengenai peristiwa yang terjadi jelang Salat Jumat kemarin.
 
"Nanti kita tanya, dia sudah melakukan apa saja. Tapi nanti setelah kondusif baru nanti kita panggil," ujarnya.
 
Hingga hari ini, Sabtu (6/5/2017), dilaporkan, aparat kepolisian masih terus berupaya melakukan pencarian terhadap para tahanan yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk.
 
Dilaporkan, ada sekitar 200 lebih tahanan yang kabur. Peristiwa ini terjadi pada Jumat (5/5/2017) sekitar pukul 11.30 WIB. 
 
Sebagian dari mereka sudah berhasil ditangkap. Warga ikut serta membantu mengamankan para tahanan kabur ini, lantaran masuk ke pemukiman warga.
 
"Sejauh ini sudah berhasil diamankan sebanyak 194 orang tahanan," ujar Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru, Ipda Dodi Vivino.
 
Data ini menurut laporan terakhir sekitar pukul 06.00 pagi tadi.
Dodi melanjutkan, saat ini pengejaran masih dilakukan hingga keseluruhan tahanan yang kabur berhasil ditangkap kembali.
 
Diduga banyak dari tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Pekanbaru, Jalan Sialang Bungkuk, Kulim, Pekanbaru yang sudah kabur hingga ke luar Kota Pekanbaru.(R-05)
 
 



[Ikuti Terus RiauAir Melalui Sosial Media]